Saturday, February 20, 2016

Pengaruh 3 Warna Primer dan Sekunder Terhadap Seseorang

Warna menyumbang pengaruh dalam menilai suatu hal. Seseorang melalui penglihatannya dapat mengatakan bahwa tempat itu klasik, dia berpenampilan menarik, orang itu menyenangkan atau ruangan itu menakutkan. Kali ini Fenomena Harimu akan memaparkan fenomena 3 warna primer dan sekunder yang dapat membuatmu merasakan reaksi yang ada pada dirimu [secara tidak sadar] sehingga kamu mengatakan beberapa hal diatas.

Pensil warna
Image: Pensil Warna [pixabay]

Warna tidak akan muncul tanpa adanya cahaya. Cahaya yang kita "lihat" setiap hari hanyalah sebuah pecahan dari energi total yang dipancarakan oleh matahari menuju bumi. Cahaya matahari adalah bentuk dari radiasi elektromagnetik dan cahaya yang dapat kita lihat (merah, biru, hijau, dll) adalah bagian kecil dari spektrum elektromagnetik. Dan spektrum elektromagnetik digambarkan cahaya sebagai gelombang yang memiliki panjang gelombang tertentu. Intinya, warna merah, hijau, biru, kuning dll merupakan refleksi dari suatu nilai panjang gelombang.

Daun itu berwarna hijau karena daun tersebut merefleksikan panjang gelombang 550 nm (hijau) dan menyerap panjang gelombang selainnya dari cahaya matahari. Refleksi panjang gelombang dari daun tersebut diterima oleh retina melalui mata kita, kemudian diproses diotak dan selanjutnya kita bereaksi terhadap daun tersebut.

Spectrum Warna
Image: Spectrum [online]

Gambar diatas akan selalu digunakan sebagai pendukung dalam memaparkan beberapa warna dibawah ini:

Pengaruh 3 Warna Primer terhadap penilaian seseorang

 

Pengaruh Warna Merah 


Red Rose
Image: Red Rose [Pixabay]
Sebagai panjang gelombang terpanjang menjadikan merah adalah warna yang powerful. Karena warnanya yang powerful menyebabkan warna merah memiliki daya tarik perhatian yang tinggi. Oleh sebab itu, lampu lalu lintas menggunakan warna merah sebagai tanda untuk berhenti, lampu rem belakang kendaraan sebagai indikasi kendaraan tersebut menurunkan kecepatannya. Karena demi hal keselamatan, warna merah digunakan untuk memberikan pengaruh yang kuat kepada seseorang untuk memperhatikan maksudnya sehingga dia memutuskan untuk menurunkan kecepatan kendaraannya. (Safety first)

Selain itu, dunia pendidikan menggunakan warna merah sebagai bentuk penekanan serta perhatian tinggi. Hal ini tercermin pada nilai rapor merah yang kecil, guru saat menandai koreksi pekerjaan siswanya, dan pemberian nilai pada kertas ulangan.

Seseorang yang menggunakan pakaian berwarna merah akan terlihat lebih aggresive, penuh hasrat, dorongan bergerak yang tinggi, dan memberikan pengaruh visual yang kuat bagi yang melihatnya. Sehingga beberapa orang menggunakan bunga mawar merah untuk menyatakan perasaan cinta kepada lawan jenisnya.

Beberapa orang mengatakan bunga mawar merah merupakan simbol dari bunga cinta. Saat pertama menerimanya bunga tersebut terlihat indah, kemudian beberapa minggu kemudian kelopaknya layu dan yang tersisa hanyalah duri di tangkainya.

Selain itu beberapa restoran terutama perusahaan restoran besar (Roti bundar toping, ayam goring tepung, burger I'm lovin it, dll) menggunakan warna merah pada logo dan tempatnya untuk meningkatkan penjualannya. Hal ini karena warna merah dapat mendorong seseorang menjadi lebih lapar dan meningkatkan selera makan.

Pengaruh Warna Biru

Blue Sky
Image: Blue Sky [Pixabay]
Sebagai warna yang erat kaitannya dengan kegiatan berpikir, menjadikan warna biru lebih memberikan efek secara mental daripada reaksi fisik (merah). Warna biru banyak digunakan oleh para karyawan kantoran. Secara tidak sadar mereka memilih ini karena biru tidak mencolok serta memberikan efek diatas sehingga dapat meningkatkan produktifitas di kantor.

Selain itu warna biru dapat mengindikasikan inteligensi/kecerdasan, kepercayaan, logika, dan rendah ekspresif. Atas dasar indikasi tersebut, warna biru sering digunakan oleh perusahaan yang bergerak di bidang teknologi komunikasi dan informasi, seperti facebook, twitter, HP, Intel, Nasa, dan beberapa aplikasi gadget lainnya. Sehingga warna biru memberikan pengaruh penilaian seseorang untuk percaya terhadap produk perusahaan tersebut.

Warna biru sering di assosiasikan dengan air yang sifatnya tenang. Ketenangan ini membuat seseorang yang menyukai warna biru lebih cenderung suka menyendiri, dingin dan calm.

Pengaruh Warna Kuning

Minion
Image: Minion [Pixabay]
Warna terbaik untuk menciptakan antusiasme kehidupan dan membangun keyakinan yang tinggi serta optimisme. Sebagai warna yang paling cemerlang dari semua spectrum yang terlihat, warna kuning secara psikologis dapat memberikan kesan menyenangkan. Selain itu, warna kuning memberikan pengaruh kreatif dalam aspek mental. Sebagai warna dari ide, membantu seseorang untuk menemukan jalan baru melakukan sesuatu.

Salah satu channel televisi internasional terkenal menggunakan warna kuning sebagai logonya yaitu National Geographic. Warna kuning pada logo tersebut merepresentasikan sebagai matahari yang menyinari seluruh permukaan bumi. Matahari sebagai sumber energi terbesar sehingga channel tersebut menyimbolkannya sebagai channel global yang impresif serta popular.

Seseorang yang menyukai warna kuning lebih cenderung banyak berbicara, mereka suka berkomunikasi sehingga cenderung terlihat sebagai seseorang yang mengkritik. Oleh karena itu, warna kuning lebih diminati oleh perempuan daripada laki-laki.

Apakah bayimu sering menangis? Ruangan dengan warna kuning yang berlebihan dapat memengaruhi bayi lebih sering menangis. Hal ini dikarenakan warna kuning dapat membuat mata lebih cepat lelah serta mengganggu bagi si bayi.

Takaran warna kuning yang sesuai akan memberikan pengaruh optimis, yakin, harga diri, dan extraversion. Namun, jika takaran warna kuning yang berlebihan atau tidak sesuai akan memberikan pengaruh depresi, rasa takut, kegelisahan serta emosional yang rentan.

Pengaruh 3 Warna Sekunder Terhadap penilaian seseorang.


Pengaruh Warna Hijau  

Tress
Image: Tress [Pixabay]
Perpaduan warna kuning yang optimis serta menyenangkan, dan warna biru yang tenang serta inteligensi tinggi menghasilkan warna hijau sering disebut-sebut sebagai colour of balance. Hal ini dapat diperhatikan pada gambar panjang gelombang diatas yang dimana warna hijau merupakan pusat dari panjang gelombang. Panjang gelombang tersebut memberikan pengaruh kepada seseorang yang melihatnya akan merasa lebih segar, damai, rukun, pemulihan, serta keseimbangan.

Seseorang akan merasa segar ketika melihat padang rumput yang luas, taman, serta pepohonan yang rindang. Hal ini akan menurunkan tingkat stress oleh karena itulah warna ini dapat memulihkan. Namun, sisi negatif dari warna ini adalah dapat memberikan pengaruh bosan dan stagnant.

Jika kita dalam suasana ramadhan, biasanya televisi akan didominasi oleh content dengan nuansa warna hijau. Selain itu beberapa perusahaan yang menggunakan warna hijau pada logonya adalah Tropicana, Pegadaian, Starbuck coffee, serta Android. Warna hijau pada Android sebagai perusahaan yang selalu berkembang, selalu tampil segar dan prosperity.

Pengaruh Warna Jingga (Orange)

Playful
Image: Playful [Pixabay]
Merupakan warna si periang sebagai kombinasi dari warna kuning dan warna merah. Warna merah yang memberikan kesan powerful, merangsang serta aggressive  dan warna kuning yang memberikan kesan menyenangkan serta optimis menghasilkan warna oranye yang merupakan warna sosial. Kebanyakan orang yang menyukai warna ini ialah bukanlah pendiam.

Warna oranye akan memberikan pengaruh rasa nyaman, dan aman. Namun memiliki sisi negative yaitu akan terlihat kurang dewasa, serta kesan intelektual yang rendah. Sehingga salah satu perusahaan yang menggunakan warna oranye pada logonya adalah Nickelodeon.

Warna oranye pada makanan dapat meningkatkan daya dorong seseorang untuk memakan makanan tersebut. Warna merah dapat membuat seseorang menjadi lapar serta meningkatkan nafsu makan namun bukan berarti makanan dengan warna merah akan mendorong seseorang untuk memakan makanan tersebut. Melainkan si oranye.

Pengaruh Warna Ungu

Lady
Image: Lady [Pixabay]
Sebagai panjang gelombang terpendek dengan perpaduan warna biru serta merah. Warna biru yang penuh dengan intelektualitas serta merah yang powerful dan aggressive menghasilkan warna ungu yang penuh kesan mewah dan elegan. Selain itu, warna ungu memberikan kesan kebenaran, keaslian serta kesadaran spiritual. Namun sisi negative dari warna ini akan memberikan kesan manja.

Salah satu logo yang menggunakan warna ungu adalah barbie, boneka perempuan ini selalu menampilkan kesan sang putri serta sosok yang cerdas dan baik hati. Sabun lux menggunakan warna ungu lebih dominan karena mengunggulkan serta memberikan sensasi kemewahan pada seseorang yang menggunakannya. Lux dari kata luxury yang artinya kemewahan.

Sadari bahwa 

3 Warna primer dan sekunder diatas bukan berarti melabelkan bahwa seseorang yang menggunakan baju warna merah itu aggressive atau orang yang menggunakan baju warna biru itu pendiam. 6 Warna tersebut hanyalah salah satu aspek dari sekian banyaknya aspek yang membuat seseorang menilai orang tersebut begini atau begitu.

Dengan mengetahui aspek pengaruh 3 warna primer dan sekunder terhadap seseorang semoga kita lebih menyadari dan memahami pengaruh 6 warna tersebut dalam kehidupan kita sehari- hari. (Better Awareness :))

Bagaimana pengaruh "warna" hitam dan putih terhadap kita? Fenomena Harimu telah memaparkannya dalam Pengaruh "warna" hitam putih terhadap seseorang
. (Check it out! :))

Referensi:

Colour-meanings. Colour-affects, diakses 12 Oktober 2015
Psychology-of-colour. psychology.about. Diakses 12 Oktober 2015
The Psychology of Color and its Meaning. colorpsychology. Diakses 18 Februari 2016
Properties of Light. pveducation. Diakses 18 Februari 2016
Android Logo. famouslogos. Diakses 18 Januari 2016

loading...