Thursday, April 6, 2017

6 Dasar Emosi Manusia yang Membantu Memahami Perasaanmu

Tidak pernah terlepas dari emosi disetiap interaksi antar manusia. Emosi memberikan peran penting terhadap penyampaian pesan. Kata "Aku cemburu" tentu memiliki makna yang berbeda jika emosi yang orang pancarkan berbeda. Kamu bisa menyisipkan amarah didalamnya, sedih atau takut bahkan senang yang disampaikan melalui ekspresi wajah atau bahasa tubuh.

Tahukah kamu "isi pesan" atau komunikasi verbal hanya menyumbang 7-10% dalam komunikasi? Yang artinya seseorang yang hanya mengandalkan "isi pesan" dalam berkomunikasi memiliki tingkat "gagal paham" yang tinggi kepada penerima pesan.

Bayangkan seseorang wanita atau pria berdiri dihadapanmu, and say "love you" dengan wajah, suara yang datar serta berdiri kaku layak sikap sempurna. Kira-kira apa respon mu? [:D] Apalagi jika suasana malam hari yang sepi diatas jembatan panjang dibawah lampu penerangan jalan kuning yang redup. [:D]

Jika seseorang ingin mengetahui maksud dari suatu kata, seseorang harus melihat bagaimana kata itu digunakan.
- Wittgenstein -

Emosi erat kaitannya dengan ekspresi. Ekspresi sebagai media yang menyampaikan emosi/perasaan apa yang kita rasakan kepada orang lain. Dan tulisan ini berusaha membawamu untuk memahami emosi dasar pada manusia yang dapat membantumu memahami perasaanmu ataupun apa yang dirasakan orang lain.

Fenomena Harimu, 6 Emosi dasar manusia yang membantumu memahami perasaan.

Kategori emosi dasar 1# Senang


Semua orang menginginkan hal yang menyenangkan [mungkin tidak untuk penderita cheropobia.] Senang adalah suatu feeling state yang menyebabkan kecenderungan untuk "mengulangi" tingkah laku dirinya untuk membuatnya merasa kembali senang.

Ekspresi Senang
Image: Ekspresi Senang [Pixabay]

Rasa senang dapat bersifat adiktif, suatu hal yang menyenangkan jika itu hilang dapat membuat orang merindukan momen menyenangkan tersebut. Jika kamu memiliki kisah menyenangkan bersama teman-teman saat sekolah dulu mungkin kamu akan merindukan momen tersebut saat kamu tua nanti.

Orang yang berhasil membuat orang disekitarnya tertawa tanpa mengorbankan harga dirinya cenderung ingin mengulangi tindakannya agar orang lain tertawa lagi, setidaknya untuk orang yang didekatnya. Penerimaan (acceptance) merupakan salah satu emosi ini. Mungkin karena salah satu alasan ini lah orang mengikuti trend.

Gembira, ketertarikan, bangga, diterima, bersemangat, damai, keintiman, serta optimis yang jika tidak kamu peroleh dalam harianmu—suatu waktu kamu akan merindukan momen tersebut. Untuk mengetahui lebih dalam tentang emosi ini, kamu dapat menelusurinya di ciri dan 8 perasaan yang termasuk emosi kebahagiaan.

Kategori emosi dasar 2# Takut


Kita adalah makhsluk yang memiliki insting untuk membela, membelokkan, dan menangkal segala ancaman terhadap kesejahteraan kita, yang bisa jadi merupakan ancaman kepada harga diri kita
- Daniel Goleman -

Bayangkan seseorang yang tidak memiliki rasa takut, mungkin dapat mengendarai mobil dengan kecepatan 100 km/jam dijalanan ibu kota siang hari dengan banyaknya tikungan dan lampu lalu lintas serta padat kendaraan.

Orang akan merasa takut ketika suatu hal menjadi ancaman bagi orang tersebut, "danger" menjadi isyarat yang orang terima sehingga ia memilih untuk mengembalikan keadaan menjadi kembali aman dengan cara menghindari hal yang membuatnya merasa takut.

Ekspresi Takut
Image: Ekspresi Takut [Pixabay]

Takut dihina, ditolak, tunduk, merasa tidak aman, dan cemas merupakan bagian dari kategori emosi takut.

Beberapa orang takut digigit cobra karena  hal itu mengancam keselamatan mereka yang artinya peluang kematian yang lebih tinggi untuk mereka. Takut dijauhi, dikucilkan atau diabaikan karena hal itu mengancam kebutuhan relasi sebagai makhluk sosial. Takut miskin karena hal itu mengancam kesejahteraan mereka.

Sehingga rasa takut tersebut juga dapat digunakan sebagai motif mereka untuk melakukan "ini dan itu" walaupun tidak selalu efektif. Saat seseorang melihat ular berbisa, otak merespon sebagai suatu hal yang mengancam keselamatan orang tersebut. Memerintahkan jantung untuk bekerja lebih cepat agar darah terpompa keseluruh bagian tubuh terutama untuk kebutuhan motorik seperti kaki dan tangan.

Efeknya orang akan dapat berlari kencang, memukul lebih keras, dan lebih waspada. Namun kesan yang begitu cepat agar tidak mati membuat orang sedikit berfikir primitif. Kemampuan kognitif mereka lebih rendah dari sebelumnya karena yang mereka tahu hanyalah kabur atau bertarung.

Isyarat yang orang terima ketika merasa takut adalah "danger" untuk melawan hal tersebut orang harus mengubah isyarat itu sebagai "enemy." Dan "enemy"adalah isyarat untuk emosi Amarah. Coba perhatikan contoh dibawah ini.

Kategori emosi dasar 3# Amarah


Berjalan yang hanya ditemani awan mendung, dimalam hari saat itu tanpa cahaya selain sebilah senter yang ia gunakan. Anak 8 tahun harus menemui seorang dukun beranak karena sang ibu merintih kesakitan yang  akan melahirkan adik kedua nya.

Sang ayah baru saja meninggalkannya membuatnya merasa sedikit harus menanggung beban seperti seorang ayah. Dia adalah anak tertua laki-laki dikeluarga.

Menuju tempat si dukun, mimik wajahnya tidak seperti sebelum ia berangkat. Membayangkannya pergi sendiri di malam hari yang mendung dengan jarak yang baginya cukup jauh menjadika matanya terbuka lebar, ujung bibir tertarik horizontal dan sedikit terbuka, pupil mata yang seketika mengecil, serta keringat yang keluar dari pori-pori kulit terasa dingin.

Disamping itu ia harus menolong ibunya untuk memanggil si dukun. Mengumpulkan keberaniannya dan ia harus menghadapinya. Kemudian mengepal tangannya kuat-kuat, menutup mata serta menekan kelopak matanya, menyempitkan bibirnya saling menekan. Kembali menatap ke luar pintu sebagai hal yang menantang dirinya. "Argh!!" Ekspresinya berubah seperti seseorang yang memiliki tujuan pasti, agresi serta semangat.

Segera dia mengambil senter serta syal biru favoritnya, dan berangkat!

Ekspresi Marah
Image: Ekspresi Marah [Pixabay]
Memang dibeberapa kondisi kamu harus berani melawan rasa takutmu untuk mempertahankan kesejahteraanmu. Untuk mempertahankan hal yang berharga dan bernilai.

Amarah juga persepsi, amarah juga hasil dari bagaimana seseorang memandang suatu hal. Isyarat amarah adalah "enemy" yang dirangsang oleh suatu hal yang menghambat. Menghancurkan hambatan tersebut sehingga memiliki kecenderungan "menyerang maju!"

Kategori emosi dasar 4# Sedih


Merasa bersalah, ditinggalkan, keputus-asaan, depresi, merasa sepi, bahkan perasaan bosan adalah bagian dari kategori emosi kesedihan. Kesedihan terjadi jika seseorang merasa kehilangan akan suatu hal yang berharga atau bernilai.

Seseorang yang cemburu juga mengalami kehilangan suatu hal yang berharga yang bisa jadi waktu kebersamaan dengan "dia" yang ada pada orang lain, disamping itu seseorang akan merasa kesal dan juga takut. Cemburu itu sendiri tidak hanya emosi sedih melainkan komposisi takut, marah dan sedih. Berbeda dengan iri hati yaitu dengan tambahan emosi jijik.

Selain itu, perasaan seperti kangen termasuk emosi kesedihan yang kamu dapat telusuri lebih lanjut di mengapa kita merindukan orang lain.

Ekspresi Sedih
Image: Ekspresi Sedih [Pixabay]

Memiliki isyarat "abandonment," kecenderungan untuk menyusun kembali "kekuatan" dari hal-hal tersisa yang dimilikinya dan selama proses itu orang cenderung menangis. Menangis dapat meringankan beban emosional seseorang, oleh karena itulah tubuh mereaksikan hal tersebut agar terbebas dari tekanan emosional. Bukankah akan terasa sesak di dada jika menahan hal tersebut?

Menangis bukan berarti "cengeng," ini hanyalah reaksi tubuh untuk membuat orang menjadi sedikit lebih baik. Bagi pria, menangis bukanlah sesuatu yang gentle ini merupakan pemikiran yang keliru. Emosi sebisa mungkin di ekspresikan dan tidak ditahan.

Kategori emosi dasar 5# Terkejut


Dua Hari menjelang Idul Fitri, hampir seluruh toko sandang mengadakan promo diskon besar-besaran. Hal ini memungkinkan pemilik toko menarik pelanggan sebanyak-banyaknya dengan keuntungan tinggi yang diperoleh melalui frekuensi penjualan bukan karena harga barangnya.

Namun berbeda dengan toko styleaf, mereka mengadakan promo yang tidak biasa dengan toko-toko lain. Mereka menggratiskan dagangan mereka kepada setiap pembeli kelipatan 50. Artinya setiap pelanggan yang ke 50 mereka tidak perlu membayar barang yang mereka beli dan kemudian berlaku untuk 50 pelanggan berikutnya.

Saat itu Jesi dengan temannya pergi berbelanja di toko styleaf, memilah dan memilih layaknya perempuan yang memiliki standarisasi tinggi dalam fashion. Saat itu Jesi tidak berfikir akan mendapatkan promo tersebut, dia datang karena kualitas serta mode pakaiannya yang membuat dia tertarik.

Empat potong pakaian ia pilih segera mengantre dengan teman yang berbaris dibelakangnya. Styleaf menyediakan 3 loket dan saat itu mereka mengantre diloket no.2.

Saat tiba bagiannya, seketika lampu loket berubah warna menjadi hijau yang sebelumnya kuning. "Selamat anda pembeli ke-50" suara perempuan terdengar cukup keras disampaikan oleh mesin otomatis.

Mata Jesi terbuka lebar, badannya seperti mengembang, mulutnya terbuka dan alisnya terangkat sambil menengok kebelakang serta memandang temannya. "Apakah Aku?" begitulah yang dipikirannya.

Namun sayangnya, semua loket menyala dan sama-sama membunyikan sirine tersebut. Tentunya membuat 3 orang pembeli yang berada dimasing-masing loket bertanya-tanya hal yang sama "Siapa yang dapat?"

Dua warna lampu kembali menguning, tersisa lampu hijau pada loket 3. Ibu dengan 2 orang anak yang membeli 4 potong pakaian untuk anaknya mendapatan promo ke 3 styleaf.

Salah satu aturan yang berlaku pada promo ini adalah pembeli yang masuk hitungan adalah mereka yang barang yang telah mereka beli telah semuanya masuk hitungan dan diinput total nominal harga pada mesin kasir.

Promo ini mengejutkan terutama bagi mereka yang berada pada momen tersebut. Terkejut di rangsang oleh suatu hal yang tidak disangka, memberikan isyarat dalam diri "Apa ini?" serta kecenderungan "membeku" karena seluruh indra berusaha menyerap informasi sebanyak-banyaknya.

Ekspresi Terkejut
Image: Ekspresi Terkejut [Pixabay]

Orang yang terkejut dengan apa yang ia lihat akan membuka matanya lebar-lebar karena kebutuhan akan informasi yang lebih banyak. Begitu juga jika mendengar suara yang bagus atau aroma yang sangat sedap.

Kategori emosi dasar 6# Jijik


Kerutan terpusat pada titik tengah antara kedua mata diatas hidung. Ekspresi wajah ini lebih mudah ditemukan seperti ketika seseorang mencium aroma tak sedap, mencicipi makanan yang tidak enak, atau melihat sessuatu yang terkesan jorok atau kotor.

Image: Ekspresi Jijik [Pixabay]

Isyarat untuk ekspresi ini adalah "racun" kecenderungan untuk menolak racun seperi "memuntahkannya" karena suatu hal yang tidak menyenangkan atau tidak enak.

Terangkum


Image: 'Tabel periodik' adaptasi psikologis manusia

Referensi:
Allan, Patrick. 2014. Find the Perfect Word for Your Feelings with This Vocabulary Wheel. lifehacker  Diakses: 18 April 2015
Goleman, daniel. 2016. Emotional Intelligence. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.
Mills, Michael. 2012. A 'Periodic Table' of Human Psychological Adaptations. PsychologyToday. Diakses: 18 April 2015