Wednesday, May 10, 2017

5 Hal yang Membedakan Perasaan Cemburu dan Iri Hati

Setiap saat, manusia tidak terlepas dari mengalami suatu keadaan yang disebut perasaan, baik perasaan yang positif maupun negatif. Seseorang dapat mengetahui yang dirasakan oleh orang lain melalui ekspresi yang ditunjukkan oleh orang tersebut.

Perasaan positif misalnya perasaan bahagia yang dapat terlihat dari seseorang yang sedang tersenyum atau tertawa. Sedangkan perasaan negatif seperti perasaan sedih ditunjukkan seseorang melalui ekspresi menangis. Namun menangis juga seringkali merupakan ekspresi dari perasaan bahagia yaitu ketika seseorang menangis terharu.

Perasaan seringkali dapat dengan mudah dilihat oleh orang lain meski tidak semua ekspresi menunjukkan perasaan seseorang yang sebenarnya. Namun biasanya manusia akan secara reflek mengeluarkan ekspresi sesuai dengan perasaan yang dialami.

Jealousy
Image: Jealousy [pixabay]


Beberapa bentuk lain dari perasaan negatif adalah rasa cemburu dan iri hati. Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, cemburu adalah:

1. Merasa tidak atau kurang senang melihat orang lain beruntung dsb; iri hati; sirik; 2 kurang percaya; curiga (karena iri hati)

Sedangkan iri hati adalah:

Merasa kurang senang atau tidak senang melihat keberhasilan orang lain.

Secara arti, keduanya terlihat sama namun penerapannya berbeda. Menurut Rubin (1998) cemburu dan iri hati itu sama-sama merupakan dari fungsi ketidaknyamanan (insecurity) dan rendahnya harga diri  (self-esteem.)

Salovey dan Rodin berpendapat bahwa perbedaan utama dalam kondisi psikologis antara cemburu dan iri adalah kemungkinan kehilangan dan keinginan untuk memiliki. Itu artinya, jika seseorang sedang cemburu dalam kaitannya dengan cinta antara lawan jenis misalnya, ia merasa bahwa ia akan kehilangan pasangannya. Sedang jika ia sedang iri, ia merasa bahwa ingin untuk memiliki seseorang yang merupakan milik orang lain.

Perbedaan Cemburu dan Iri Hati Berkaitan dengan Interaksi Manusia


Cemburu:
Andien: "Saat kamu memberikan perhatian yang lebih padanya (si wanita), entah mengapa aku kesal, kecewa, sedih, dan marah terhadapmu (si pria.)"

Iri Hati:
Andien: "Mengapa harus kamu (si wanita), kamu selalu mendapatkan perhatian yang lebih darinya (si pria,) pasti sangat menyenangkan bukan?"

Walaupun keduanya ada dalam wilayah emosi yang sama tapi intensitas cemburu lebih sering terjadi bila dibandingkan dengan iri karena manusia memang lebih mudah merasa bahwa ia merasa kurang dibandingkan dengan orang lain sebelum sampai pada rasa ingin memiliki lebih dari apa yang ia punya.

Rasa cemburu dapat menjadi pendorong seseorang merasakan iri. Agar dapat lebih membedakan antara perasaan cemburu dan iri hati, simak contoh keadaan yang terjadi dalam keseharian ini,

Dona adalah pacar Arya. Seringkali Dona tidak senang melihat Arya selalu tertawa ketika bercengkrama dengan Tari.

Ini adalah contoh dari rasa cemburu yang dirasakan Dona, ketika Arya tertawa bersama Tari, itu artinya Dona menganggap Tari adalah perempuan yang selalu dapat menghibur Arya. Terlebih lagi apabila Arya tidak tertawa sesering itu ketika sedang bercengkarama dengan Dona. Dona merasa bahwa dirinya lebih sedikit untuk bisa menghibur Arya daripada perempuan lain. Ketidaknyamanan ini menimbulkan rasa takut bagi Dona bahwa suatu saat Dona akan ditinggalkan Arya.

Dona menjadi ingin memiliki keadaan dimana bisa selalu tertawa ketika becengkrama dengan Arya, ia ingin menjadi perempuan yang paling bisa menghibur Arya seperti Tari bahkan lebih dari Tari.

Dalam kasus ini, yang ingin dimiliki oleh Dona bukanlah barang, melainkan keadaan. Disinilah rasa iri Dona timbul, disebabkan oleh rasa cemburunya karena itulah yang menimbulkan rasa iri terhadap Tari.

Sudut Pandang mendapatkan Cemburu atau mendapatkan Iri Hati


Dalam konteks ini, mendapatkan rasa cemburu atau mendapatkan rasa iri hati bergantung pada hal yang dipedulikan. Jika Tari adalah orang lain bagi Dona yang sama sekali Dona tidak kenal, maka perasaan cemburu lebih mungkin timbul terhadap Arya karena Dona menganggap Arya tidak bisa menjaga perasaannya juga Arya membagi perhatian atas dirinya dan orang lain.

Karena cemburu telah menyelimutinya, Dona menjadi jutek, diam [kesal, gak mau tau], beberapa perempuan yang berada dikondisi tersebut mungkin akan memarahi cowoknya, mencubit, menjewer, bahkan menampar.

Kondisi lain, Jika Tari adalah rival bagi Dona dan Arya adalah seseorang yang sama-sama mereka sukai, maka perasaan iri hati Dona lebih mungkin timbul terhadap Tari. Tari berada dalam kondisi yang diinginkan oleh Dona (bercengkrama bersama Arya dan tertawa bersama.)


Tabel Perbedaan cemburu dan iri hati
Tabel perbedaan cemburu dan iri hati

Bagaimana, sudah dapat membedakan antara perasaan cemburu dan iri hati, bukan? Anger, Fear, Sad, dan disgust adalah beberapa emosi dari 6 emosi dasar manusia yang dapat kamu ketahui lebih lanjut di "6 Emosi Dasar Manusia yang Membantumu Memahami Perasaanmu."

Referensi:
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
HALIMATUSSADIYA. 2004. Skripsi: Cemburu, Agresi dan Penanggulangannya, Studi Kasus pada 3 Pasangan Suami Istri. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

loading...