Saturday, May 27, 2017

[Baker Effect] Alasan Mengapa Kamu Sulit Mengingat Nama

Pernahkah kamu merasa kesulitan mengingat sesuatu? Nama seseorang, misalnya. Apalagi ketika kamu baru berkenalan dengan seseorang dalam waktu yang singkat dan belum terbiasa berinteraksi dengannya.

Dan pernahkah kamu mengira bahwa ketidakmampuanmu dalam mengingat nama tersebut dikarenakan kemampuan otakmu yang rendah?

Dikutip dari channel youtube AsapScience berjudul ‘What Do You Forget Their Name’, ketika seseorang hanya menyebutkan namanya tanpa menjelaskan keterangan-keterangan lain tentang dirinya saat berkenalan, maka namanya rentan untuk tidak terekam di ingatan kita.

Fenomena ini erat kaitannya dengan istilah ‘Baker Effect’, dimana otak tidak dapat menyimpan informasi hanya dari sebuah nama. Sebuah nama harus dikaitkan dengan sesuatu agar lebih mudah diingat.

Perkenalan nama
Image: perkenalan [pixabay]
Seseorang dengan nama Bakrie akan lebih mudah terlupakan jika tidak ada yang menghubungkan nama Bakrie dengan sesuatu. Jika Bakrie adalah seorang baker (tukang roti) dan kita menghubungkan namanya dengan pekerjaannya maka hal tersebut lebih mudah diingat. Seperti Sartani, berkenalan dengannya di sebuah pasar dan ia adalah petani.

Mitchell Moffit dan Gregory Brown dalam video tersebut menjelaskan bahwa ketidakmampuan dalam mengingat nama bukan karena kemampuan otak kita yang rendah, namun berkaitan dengan cara otak dalam memroses sebuah informasi serta tingkat ketertarikan kita.

Ketika berkenalan dengan seseorang, seringkali kita justru fokus pada rutinitas perkenalan itu sendiri: apa yang akan kita katakan saat ia telah menyebutkan namanya, bagaimana cara kita bergerak (bahasa tubuh) setelah itu. Hal tersebut dikenal dengan istilah ‘next in line’. Lagi, menurut Mitchell Moffit dan Gregory Brown

"We simply aren’t very good at both disseminating information at the same time we try to take in and store new information.

(Kita sama sekali tidak pandai menyebarkan informasi sekaligus saat kita mencoba masuk dan menyimpan informasi baru.)

Ketidakmampuan mengingat nama bisa juga terjadi karena memang kita tidak peduli. Misalnya, kita sedang berada di pesta ulang tahun teman dimana banyak bertemu dengan orang-orang baru yang tidak kita kenal sebelumnya dan kita tidak tertarik untuk membentuk sebuah hubungan baru dengan orang-orang baru tersebut.

Alhasil ketika berkenalan dengan seseorang, kita mudah sekali lupa dengan namanya. Artinya, pada saat itu tingkat ketertarikan kita rendah. Sederhananya, semakin banyak minat yang anda miliki dalam sesuatu, semakin besar kemungkinan otak untuk mengingat.

4 Tips bagaimana agar mudah mengingat nama


Karena sebuah nama saja tidak menyimpan informasi spesifik di dalamnya, apalagi jika memang kita tidak tertarik. Disamping itu, otak kita lebih mudah merekam informasi yang berbentuk visual, itulah sebabnya kita seringkali hanya ingat detail wajah seseorang yang baru dikenal tanpa ingat siapa namanya. Kecuali kita benar-benar memusatkan perhatian pada orang tersebut.

Nama
Wanita mana yang namanya mudah diingat?

Meskipun begitu, berikut fenomenaharimu berikan beberapa tips agar mudah mengingat nama yang dilansir dari channel Youtube Grag and Mitch:
  1. Pusatkan Perhatian

    Ini adalah yang tersulit sekaligus terpenting jika ingin benar-benar mengingat nama seseorang. Kita harus benar-benar memusatkan perhatian pada saat mereka memberi tahu.

    Jika kita segera menyadari bahwa kita tidak mendengarkan atau kurang jelas mendengarnya, masih layak jika kita meminta mereka mengulangi kembali. Seringkali kita tidak lupa akan nama karena ada sebuah kenangan buruk, dan itu hanyalah sesuatu yang kamu tidak perlu benar-benar fokus.
     
  2. Gunakan Nama Mereka dan Ulangi

    Setelah kita mengetahui nama mereka, gunakan kembali dan ulangi, tanamkan dalam ingatan jangka pendekmu untuk menyebutkan nama mereka dimanapun ketika bertemu. Misalnya ketika kamu bertemu dengan Ane yang baru kamu kenal minggu lalu, maka sapalah mereka seperti ini,

    “Hai, Ane, senang bertemu denganmu,” bukan hanya, “Hai, senang bertemu denganmu,”.

    Jika kamu secara aktif menyertakan nama mereka dan menciptakan sedikit memori, bersamaan dengan itu, semua sel otak menyala dan terhubung. Dan seperti banyak hal, jika kamu menggabungkan pikiran dengan tindakan, dalam kasus ini, mulutmu bergerak sementara kamu mencoba mengingat sesuatu, akan menempel di otakmu.
     
  3. Bangun Asosiasi

    Bangunlah asosiasi (menghubung-hubungkan) sehingga lebih banyak koneksi yang kita buat untuk otak kita. Misalnya, ketika kamu mengetahui orang lain bernama Cindy, pikirkan tentang perbandingan antara Cindy yang baru saja kamu temui.

    Itu akan membantumu untuk mengingat nama mereka atau gambaran mereka. Gambarkan dalam pikiranmu seperti kamu menggambarkan Cindy yang baru kamu kenal  sedang memakan candy (permen) susu manis. Suatu hari ketika kamu bertemu Cindy yang baru kamu kenal, kamu akan menghubungkannya dengan candy karena Cindy memiliki wajah yang manis dan kulit seputih susu.

    Jika kamu kesulitan dalam membuat koneksi visual tersebut, jangan khawatir karena tindakan sederhana yang kamu coba lakukan akan membantumu mengingat nama mereka.

    The key to a perfect memory is your imagination.
    - Dominic O'Brien -

  4. Eja Namanya

    Buatlah dia mengeja namanya untukmu lalu gambarkan dalam pikiranmu huruf-huruf dari nama tersebut lewat dahinya, itu akan membantumu untuk menanamkan nama mereka dalam ingatanmu.

Dan fenomenaharimu berikan juga tips agar orang lain dapat dengan mudah mengingat namamu, yaitu ceritakanlah apa yang kamu lakukan. Nama begitu mudah terlupakan karena fokus otak adalah untuk membuat kesan baik dan mengingat wajah.

Juga beritahukan pekerjaanmu, berikan orang lain sesuatu yang bisa mereka hubungkan dengan namamu yang mana akan membuat mereka lebih mengingatnya. Dengan begitu, kamu dan orang lain yang baru kamu kenal bisa sama-sama mengingat nama masing-masing.

Untuk kamu yang ingin tahu lebih lanjut tentang daya ingat, fenomenaharimu telah menyajikannya untuk kamu:



Referensi:
Mitchell Moffit dan Gregory Brown. Youtube Channel: AsapScience. Why Do You Forget Their Name. 2015.
Mitchell Moffit dan Gregory Brown. Youtube Channel: Greg and Mitch Brown. 7 Clever TRICKS To Remember Names. 2015.
O'Brien, Dominic. PDF. Diakses: 28 februari 2016

1 comments:

Anonymous delete

Ok bro, gw paham

Balas June 26, 2017 at 11:01 AM