Friday, August 18, 2017

Ciri Kepribadian Ekstrovert, Perilaku, Pekerjaan, Hubungan, dan Tokoh

Setelah membaca artikel Fenomena Harimu mengenai kepribadian introvert minggu lalu, apakah kamu merasa bahwa kepribadianmu sangat bertolak belakang dengan ciri-ciri kepribadian introvert tersebut?

Jika iya, ada kemungkinan kamu adalah bagian dari kaum ekstrovert. Apalagi jika kamu sadar bahwa energimu justru meningkat setelah berinteraksi dengan banyak orang, meskipun kamu bukanlah orang yang begitu periang. Jika kamu termasuk kaum ekstrovert, artinya kamu adalah kaum yang mendominasi penduduk dunia,

Extroverts outnumber introverts by about three to one.” – Marti Olsen Laney
(Kaum introvert kalah jumlah dengan ekstovert, tiga banding satu.)

Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan bahwa seorang yang pemalu tidak selalu berarti bahwa ia berkepribadian introvert, Marti Olsen Laney, Psy. D,. juga menyatakan bahwa persepsi kita tentang ekstovert belum tentu benar, mereka yang ekstrovert belum tentu lebih ramah atau periang dari kaum introvert.

Relasi ekstrovert
Image: Relasi Ekstrovert [pixabay]
Perlu diingat bahwa perbedaan mendasar antara kaum introvert dan ekstrovert terletak pada cara mereka mengisi ulang ‘baterai’ yang mereka miliki.

Ciri-ciri jika kamu seorang ekstrovert


Berikut fenomenaharimu paparkan ciri-ciri ekstrovert dilansir dari buku The introvert Advantage karya Marti Olsen Laney, Psy.D,
  1. Mengisi ulang tenaga

    Kaum ekstovert mendapat energi dari dunia luar. Kebanyakan ekstrovert sangat senang berbicara, melakukan aktivitas, dan bekerja sama dengan orang lain. Fokus mereka terletak di luar diri mereka sendiri.

    Ekstrovert dapat menyegarkan diri dengan mudah yaitu dengan melakukan sesuatu di luar. Mereka mungkin akan kehabisan tenaga jika mereka tidak dapat berhubungan dengan dunia luar atau orang lain.
     
  2. Penerimaan informasi

    Mendapat banyak pengalaman adalah kesenangan tersendiri bagi kaum ekstrovert. Tentu saja, kaum ekstrovert juga membutuhkan istirahat, namun untuk alasan yang berbeda.

    Jika ekstrovert pergi ke perpustakaan, ia hanya mampu berada disana dalam waktu singkat. Ia perlu berjalan-jalan, membeli makanan ringan atau berbicara dengan pustakawan. Karena mereka menyukai lingkungan yang hidup.
     
  3. Perluasan akan sesuatu

    Kaum ekstrovert menyukai sesuatu yang luas yaitu banyak teman dan pengalaman. Mereka mengetahui sedikit tentang semua hal, menjadi seorang generalis. Mereka tidak suka apabila ada sesuatu hal yang tak mereka tahu.
     
  4. Ahli dan senang berbicara.

    Dengan berbicara, tenaganya merasa terisi oleh perhatian, juga ketika mereka menjadi pusat perhatian.

Beberapa pekerjaan yang mendukung untuk si ekstrovert


  • Pengacara

    Menjadi pengacara merupakan karir yang menarik bagi kaum ekstrovert. Ketika pergi ke pengadilan, mereka harus merasa nyaman berbicara di depan ruang sidang yang penuh dengan orang-orang.

    Mereka harus percaya diri dalam memperdebatkan masalah hukum di depan hakim, bertanya pada saksi dan terdakwa. Mereka harus bisa membuat argumen menarik. Mereka harus mengkomunikasikan fakta baik secara tertulis maupun lisan.
     
  • Konsultan keuangan

    Salah satu pilihan terbaik bagi kaum ekstrovert adalah konsultan keuangan. Kemampuan yang dibutuhkan adalah berbicara dan berinteraksi dengan baik pada klien.

    Mereka harus menjalin hubungan baik dengan klien yang akan membantu mereka mendiskusikan hal-hal penting yang bersifat finansial dan pribadi.

    Penasihat keuangan juga membutuhkan keterampilan penjualan yang kuat untuk memasarkan layanan mereka sendiri, terutama jika mereka wiraswasta.
     
  • Spesialis hubungan masyarakat

    Menjadi pemecah masalah dan penulis yang baik tidaklah cukup bagi seorang  spesialis hubungan masyarakat. Mereka harus memiliki kemampuan interpersonal yang baik untuk menumbuhkan jaringan kontak media yang relevan dan menjaga hubungan kerja yang kuat dengan kontak tersebut.

    Mereka harus merasa nyaman tidak hanya memulai kontak dengan laporan, editor dan anggota media lainnya, tetapi juga berbicara untuk organisasi yang mereka wakili. ekstrovert sejati akan berkembang dalam karir yang sibuk dan serba cepat seperti hubungan masyarakat.
     
  • Perencana acara

    Perencana acara adalah profesional bisnis yang menyelenggarakan berbagai acara yang berkisar dari pesta pernikahan dan pesta hingga konferensi, konvensi dan pertemuan profesional. Perencana acara menghabiskan banyak waktu untuk berinteraksi dengan orang lain.

    Mereka berbicara dengan klien untuk menemukan kebutuhan dan gagasan mereka. Kemudian mereka bekerja sama dengan vendor dan pemasok yang tepat untuk memenuhi kebutuhan tersebut dan menegosiasikan kontrak dan harga.

    Segala kemampuan sebagai perencana acara ini sangat cocok dengan kepribadian kaum ekstrovert.
Beberapa pekerjaan diatas tidak lah selalu mutlak dengan seluruh kepribadian ekstrovert. Setiap orang memiliki kecerdasan yang beragam seperti olah tubuh, kemampuan berbicara, musik, kemampuan mengenal ruang dan bidang dll.

Jika orang tersebut telah mengenali kecerdasan yang paling unggul pada dirinya, akan lebih baik ia mengejar karir yang berhubungan dengan kecerdasan dominannya.

Untuk memahami kecerdasan ini, kamu dapat mengetahuinya lebih lanjut pada artikel kami 'Setiap orang adalah ahli.

Tokoh dengan kepribadian ekstrovert


Salah seorang tokoh ekstrovert yang sukses mengembangkan potensi dirinya adalah Oprah Winfrey, tokoh perempuan yang paling berpengaruh di dunia pada saat ini. Ia seorang ekstrovert yang mengalami banyak pengalaman buruk sejak kecil hingga remaja.

Tokoh sukses lain yang merupakan kaum ekstrovert adalah Steve Jobs (pendiri pendamping, ketua, dan mantan CEO Apple Inc.),  dan Margaret Thatcher, perempuan pertama yang menjadi Perdana Menteri Inggris.

Bagaimana perilaku ekstrovert dalam menjalin hubungan.


  1. Melakukan sebagian besar pembicaraan.
    Dalam suatu hubungan, pasangan ekstovert hampir melakukan semua atau sebagian pembicaraan. Karena mereka memang cenderung suka berbicara.
     
  2. Jarang melewatkan kesempatan untuk bertemu
    Ketika pasangan introvert dalam sebuah hubungan seringkali punya alasan bagus mengapa mereka harus melewatkan pesta atau pertemuan sosial lainnya, pasangan ekstrovert justru jarang melewatkan ksempatan untuk bertemu dengan teman atau orang yang dicintai.
     
  3. Tidak Menunda Penyelesaian setelah bertengkar
    Pasangan ekstrovert lebih suka membicarakan sesuatu sesegera mungkin setelah bertengkar dengan pasangannya. Sementara pasangan intover butuh waktu untuk memikirkan semuanya.

Referensi:
Sharp, Daryl. Personality Types, Jung’s Model of Thypology. 1987. Toronto: Inner City Books
Laney, Marti Olsen. The Introvert Advantage, Berkembang dan Berhasil di Dunia Ekstrover. 2013. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Degree Wuery. Top 10 Careers for Extroverts. 2017.degreequery. Diakses 10 Agustus 2017
Earthables. 8 Teltale Signs You’re In An-Introvert-Extrovert Relationship. 2016. earthables. Diakses 8 Agustus 2017

loading...