Monday, August 14, 2017

Ciri Kepribadian Introvert, Perilaku, Pekerjaan, Relasi dan Tokoh

Pernahkah kamu mencoba sebuah tes psikologi kepribadian yang memetakan antara kepribadian introvert dan ekstrovert? Ternyata, kata introvert dan ekstrovert ini telah digunakan selama hampir seratus tahun untuk mendeskripsikan kepribadian seseorang.

Salah satunya karena perilaku kedua kepribadian ini sangatlah mudah untuk dibaca karena berasal dari seorang fisiolog. C.G Carl Jung, pencetus pemetaan introvert dan ekstrovert mengatakan pentingnya mengetahui kepribadian seseorang,

Classification does not explain the individual psyche. Nevertheless, an understanding of psychological types opens the way to a better understanding of human psychology in general
 – C.G Jung –
(Klasifikasi tidak menjelaskan jiwa individu. Namun demikian, pemahaman tentang tipe psikologis membuka jalan menuju pemahaman yang lebih baik tentang psikologi manusia pada umumnya.)

Bagi kamu yang cenderung pemalu, apakah hasil yang kamu dapatkan menyatakan bahwa kamu adalah seorang introvert? Perlu kita diketahui, seorang yang pemalu tidak selalu berarti bahwa ia berkepribadian introvert, seperti yang dikataka oleh seorang psikolog bernama Marti Olsen Laney, Psy. D,.

“Seorang introver tidaklah sama dengan seorang pemalu atau seorang yang mempunyai kepribadian menutup diri, dan introversi bukanlah suatu penyakit.”

Ia juga mengatakan bahwa karakteristik terkuat yang membedakan kaum introvert adalah sumber kekuatan mereka.

Ciri-ciri jika kamu seorang introvert


Berikut fenomenaharimu paparkan ciri-ciri introvert dilansir dari buku The Introvert Advantage karya Marti Olsen Laney, Psy.D,
  1. Mengisi ulang tenaga. Fokus introvert terletak dalam pikirannya sendiri. Mereka membutuhkan tempat yang tenang dan sunyi agar dapat merenung dan mengisi ulang tenaga. Juga kaum introvert membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengisi ulang tenaga daripada kaum ekstrovert, dan tenaga mereka lebih cepat habis.
     
  2. Penerimaan informasi. Bagi introvert, berada di tengah-tengah orang banyak seperti keramaian atau lingkungan yang berisik dapat menguras energi mereka.

    Kaum introvert mungkin menyukai banyak orang, namun setelah mereka bicara pada siapa pun, mereka biasanya akan mulai merasa perlu untuk menyingkir, beristirahat, dan mengambil napas.
     
  3. Pendalaman akan sesuatu. Kaum introvert senang mendalami sebuah topik dan lebih sering mencari ‘kualitas’ daripada ‘kuantitas’. Karena itu, penting bagi mereka untuk membatasi topik pembicaraan atau aktivitas menjadi satu atau dua topik saja agar tidak merasa kewalahan.
     
  4. Ragu untuk berbicara serta tidak akan menawarkan ide-ide yang mereka miliki dengan bebas, sehingga kita harus bertanya langsung untuk mengetahui pendapat mereka
     
  5. Tidak menunjukkan ekspresi wajah atau reaksi yang berlebihan

Waktu santai introvert
Image: relax [pixabay]

Perilaku introvert dalam meraih keberhasilan


Beberapa introvert yang salah menafsirkan dirinya sebagai seorang ekstrovert atau bahkan berpura-pura menjadi ekstrovert, sering kali tidak menyadari bahwa mereka melakukannya. Hal tersebut hanya akan membuatmu kewalahan.

Perlu diketahui bahwa sepertiga orang Amerika adalah introvert, mereka memiliki banyak kekuatan sehingga banyak dari mereka yang terkenal dan dihormati sebagai pemimpin, ilmuwan, dan inovator.

Hanya karena introvert, bukan berarti harus terpaku pada meja kerja dan menghindari berbicara pada orang lain. Meskipun kita merasa tidak ingin membuang waktu dengan obrolan ringan, tidak ada cara yang lebih baik untuk memberi keuntungan pada karir kita daripada dengan terlibat dalam jaringan kantor selama beberapa menit dalam sehari. Paling tidak, yang lain akan menyadari bahwa kita ada, dan kita bahkan bisa membuat beberapa teman sejati di perjalanan karir kita.

Bicarakan contoh-contoh atas pencapaian dari pekerjaanmu sepanjang tahun, termasuk contoh saat Anda melampaui panggilan tugas untuk mewujudkan sesuatu. Bicarakan pada mereka saat rapat tinjauan kinerja.

Nyatakan apa yang awalnya diminta untuk kamu lakukan, lalu katakan apa yang telah kamu lakukan untuk mencapainya. Juga bicarakan, atau tulislah hal-hal yang kamu rencanakan tahun depan, apa tujuanmu, bagaimana kamu merencanakan untuk memberi lebih banyak nilai kepada atasan dalam beberapa hari mendatang.

Email, IM chat, Whatsapp dan lainnya telah membuat komunikasi bisnis mudah bagi introvert. Tidak ada lagi waktu tatap muka. Gunakan alat ini untuk mendeskripsikan tentang proyek, sasaran, tugas, tenggat waktu, jadwal, ulasan, pencapaian, dokumentasi dan sebagainya.

Berjalanlah di sekitar kantor, gunakan headphone untuk beberapa waktu (jika diizinkan), 'jangan diganggu' di luar kantor untuk menikmati waktumu di kantor,

Tokoh dengan kepribadian introvert


Siapa yang tidak kenal J.K Rowling? Penulis novel Harry Potter ini mengakui bahwa dirinya adalah seorang introvert. Juga dengan salah satu aktor di film tersebut yaitu Emma Watson. Tokoh sukses lain yang merupakan seorang introver adalah Bill Gates (co-founder Microsoft), Albert Einstein dan Mahatma Gandhi.

Cara si introvert dalam menjalin relationship


Beberapa introvert sangat puas dengan hidupnya meski pun tidak memiliki hubungan istimewa dengan siapa pun. Tetapi kebanyakan lebih memilih untuk mempunyai hubungan istimewa dengan seseorang.

Bagi introvert, berkencan adalah tugas yang membuatnya tidak yakin (enggak PD), sehingga mereka memulainya dengan perasaan takut. Bagi mereka, hal tersebut seperti memasuki ruangan yang dipenuhi orang yang sedang menari, dan ini artinya membutuhkan energi yang sangat besar.

Banyak introvert yang menikah dengan ekstrovert. Ada beberapa alasan yang mendasari hal tersebut:
  1. Ada lebih banyak ekstrovert daripada intovert. Perbandingannya 3:1
  2. Kebutuhan terhadap pribadi yang berlawanan.
  3. Kaum ekstrovert seringkali mengambil peran untuk berbicara dan bertindak dalam suatu hubungan, artinya kaum introvert dapat relaks dan tidak merasa harus berbicara banyak.

Referensi:
Sharp, Daryl. Personality Types, Jung’s Model of Thypology. 1987. Toronto: Inner City Books
Laney, Marti Olsen. The Introvert Advantage, Berkembang dan Berhasil di Dunia Ekstrover. 2013. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Chain, Susan. An Introvert’s 5 Tips for Career Success. 2017. quietrev
Seven Career Success Tips For Introverts. 2016. thesuccessmanual

2 comments

iyaaa, sekali lagi aku mengoreksi diri, rasanya aku memang introvert... seseorang pernah berkata kepadaku, kamu tampaknya ekstrovert, tapi sebenarnya kamu amat menutup diri.

Balas August 14, 2017 at 8:45 AM

Sepertinya banyak penulis yang introvert, hehe. Kalo introvert yang berperilaku seperti ekstrovert biasanya lebih cepat lelah.

Kadang introvert berperilaku seperti ekstrovert begitu juga sebaliknya dalam kondisi tertentu, tapi tidak berlangsung lama.

Balas August 15, 2017 at 9:29 PM

loading...