Sunday, September 3, 2017

Kamu Suka Menunda? Berikut 9 Tips Bagaimana Mengatasi Prokrastinasi

Setelah kamu tau dampak dari prokrastinasi pada artikel sebelumnya, masihkah kamu suka menunda-nunda dan mempertahankan kebiasaan buruk tersebut sepanjang hidupmu? Seorang penulis, Hillary Mantel, memberikan tips sederhana jika kita mengalami kebuntuan pikiran ketika menyelesaikan suatu pekerjaan,

If you get stuck, get away from your desk. Take a walk, take a bath, go to sleep, make a pie, draw, listen to music, meditate, exercise; whatever you do, don't just stick there scowling at the problem. But don't make telephone calls or go to a party; if you do, other people's words will pour in where your lost words should be.
– Hilary Mantel –

(Jika kamu terjebak, pergilah dari meja kerjamu. Berjalan-jalan, mandi, tidur, membuat kue, menggambar, mendengarkan musik, bermeditasi, berolahraga; Apapun yang kamu lakukan, jangan hanya berdiam disana dengan cemberut pada masalah. Tapi jangan menelepon atau pergi ke pesta; Jika kamu melakukannya, kata-kata orang lain –dalam obrolan– akan memenuhi pikiranmu di mana kata-kata yang kamu perlukan –untuk menyelesaikan pekerjaan– justru hilang.) –Hilary Mantel

Ketika mengalami ‘buntu’nya pikiran, kita memang perlu memberi sedikit ‘jeda’ agar bisa berpikir kembali. Tapi tidak perlu menunda terlalu lama, karena prokrastinasi justru tidak memberikan solusi yang tepat bagi masalah dalam pekerjaan yang harus diselesaikan,

Procrastination makes easy things hard, hard things harder.
- Mason Cooley -

(Prokrastinasi membuat hal mudah menjadi sulit, hal sulit menjadi semakin sulit.) - Mason Cooley.

Bagaimana mengatasi prokrastinasi? (9 Tips mengatasi prokrastinasi)


Untuk mengatasi prokrastinasi secara sederhana, katakanlah pada dirimu:

“Ini tidak terlalu sulit, tidak akan lama, dan saya yakin saya tahu bagaimana melakukannya, dan saya dapat belajar saat melakukannya. Tidak ada orang lain yang benar-benar peduli karena mereka semua begitu sibuk dengan masalah mereka sendiri.”


Berikut Fenomena Harimu paparkan tips mengatasi prokrastinasi kompleks dilansir dari jurnal California Polytechnic State University ‘Understanding Procrastination’ dan Edith Cowan University ‘20 Strategies to Overcome Procrastination’ :

Tips #1 Mengatasi prokrastinasi karena perfeksonisme

  • Cobalah yakinkan diri sendiri bahwa usahamu ini akan cukup baik. Then, untuk apa juga kamu ragu dalam melakukan tersebut karena ingin terlihat begitu sempurna? Perhatikan prioritasmu, tugas-tugasmu, tanggung jawabmu.

    Kamu dapat melakukannya dengan keinginan hasil begitu sempurna jika dan hanya jika kamu tidak memiliki tugas lain setelah itu.

  • Berusahalah memuji apa yang telah kamu lakukan. Sebuah apresiasi dapat memberikan semangat tersendiri. Apresiasi seperti sebuah pengakuan. Saat kamu selesai melakukan tahap pertama, kamu dapat mengapresiasikan hal tersebut untuk lebih memotivasi kamu melangkah  ketahap selanjutnya.

  • Sadarilah bahwa kita tidak mungkin untuk menghapus semua kesalahan. It's ok jika kamu telah melakukan sesuatu dan menemukan kesalahan didalamnya, kamu menjadikannya pembelajaran, memperbaikinya dan itulah yang disebut berkembang.

  • Mulai sekarang, kamu tidak perlu ragu lagi jika nanti melakukan kesalahan fatal. Ingatkan dirimu bahwa para penulis, penyair, dan seniman hebat pada saat menyelesaikan pekerjaan, mereka pernah melakukan kesalahan fatal. Oleh karena itu, tidak masalah jika kamu melakukan kesalahan fatal juga.

    Hal itu diakatan bermasalah jika kamu mengetahui kesalahannya, namun kamu mengabaikannya, dan tidak menjadikannya pembejaran.

Tips #2 Mengatasi prokrastinasi karena kemarahan

  • Sadarilah bahwa kamu sedang merasa marah, terkadang orang yang sedang marah tidak menyadari bahwa dirinya sedang marah. Yang mereka tahu adalah mereka marah terhadap objek yang menjadikan dirinya marah. Mereka fokus pada objeknya, bukan pada diri mereka sendiri.

    Kamu harus melihat dirimu sendiri terlebih dahulu, dan menyadari kondisimu. Kemudian temukan hal yang membuatmu lebih tenang. Mencuci muka, menghirup udara segar dibawah rindang pohon atau meminum air mengalir yang sejuk dapat meredakan amarahmu.

  • Kemudian sadarilah bahwa amarah akan benar-benar membahayakanmu. Mengganggu pencapaian tujuanmu, kamu tidak akan membiarkan perasaan marahmu menghalangi jalannya masa depanmu, bukan?

Tips 3# Mengatasi prokrastinasi karena frustasi

  • Cari bantuan dari seseorang yang bisa menunjukkan cara mengatasi pekerjaanmu, misalnya, teman kantor, teman kelas, tutor atau dosenmu. Utarakan kepada mereka yang menjadi permasalahanmu, karena mengekspresikan emosi dapat meringankan bebanmu.

  • Sediakan alat tulisam dan kertas, buatlah daftar semua hal baik yang akan terjadi saat kamu berhenti menunda-nunda dan hal-hal yang tidak baik saat kamu terus menunda-nunda. Pikirkan tentang hal ini setiap kali kamu menunda pekerjaan.

Tips 4# Mengatasi percaya diri yang rendah

  • Berlatihlah menerima pujian orang lain atas kinerjamu, cukup ucapkan ‘terima kasih’ pada mereka yang memujimu. Sayangnya, tidak semua pujian dapat memberikan efek yang baik bagi pendengar maupun yang memuji. Ketahui bagaimana cara tepat memuji orang lain secara tepat sehingga dapat memberikan dampak yang lebih baik kepada orang lain.
     
  • Sebagai bentuk penghargaan terhadap dirimu, pujilah dirimu sendiri jika telah menyelesaikan suatu pekerjaan, bila perlu hadiahkanlah dirimu jika telah berhasil menyelesaikan pekerjaan yang besar atau sulit. Apresiasi kecil ini dapat menjaga kontinuitas dalam mengerjakan progres.

Tips 5# Minimalkan gangguan

Kamu akan Lebih mudah untuk fokus pada tugas yang ada jika kemungkinan gangguan lebih sedikit, jadi coba lepaskan dirimu dari hal-hal yang paling mungkin mengalihkan perhatian.

Jadi, hindarilah belajar di sebelah komputer (terkecuali jika pekerjaan tersebut membutuhkan komputer), kamu akan tergoda untuk berselancar di Internet, hindarilah belajar dengan ponsel disampingmu, kamu akan tergoda untuk membuka media sosialmu, hal tersebut dapat memicu kamu untuk  menunda pekerjaan karena kehilangan fokus.

Demikian juga, belajar dengan temanmu tidak akan efektif jika kamu cenderung menghabiskan sebagian besar waktu untuk mengobrol daripada mengerjakan.

Tips 6# Pasang pengingat yang terlihat

Pasanglah catatan atau tanda di tempat yang menonjol (misalnya kulkas, cermin, telepon, komputer) untuk mengingatkanmu bahwa ada sesuatu yang perlu dilakukan atau diselesaikan. Hal ini memungkinkan kamu untuk meminimalisasi lupa.

Ilmu bak buruan dan catatan adalah pengikatnya
Ikatlah buruanmu dengan tali yang kuat
Sungguh bodoh jika kau berhasil memburu rusa
Namun kau biarkan ia tak terikat di tengah makhluk lain.
- Imam Syafi'i -

Tips 7# Pilih waktumu

Jadwalkan tugas yang akan kamu selesaikan pada saat kamu bertenaga atau dapat berpikir jernih. Berencana mengatasi tugas yang sulit saat kamu sedang lelah tidak akan menghasilkan sesuatu yang baik.

Mengatasi prokrastinasi
Image: Startup [pixabay]
Mengerjakan pekerjaan sulit dalam keadaan lelah membuatmu sulit fokus, pekerjaan akan terasa lebih sulit dari kenyataannya, dan emosimu pun tak stabil.

Tips 8# Ubah lingkunganmu

Buat perubahan pada lingkunganmu, jika kamu tidak bisa bekerja dengan keadaan sekitar yang berantakan, luangkan sedikit waktu untuk membereskan sebelum bekerja. Jika kamu tidak bisa menyelesaikan pekerjaan di rumah, carilah tempat di mana kamu bisa menyelesaikannya. Hal ini membantu kamu menjadi lebih produktif juga dapat memicu kreatifitas.

Tips 9# Bersikaplah gigih, tapi sabar

Menghilangkan kebiasaan buruk bisa jadi sulit dan bisa memakan waktu lama. Jangan berharap untuk menghilangkannya dalam semalam. Temukan strategi yang tampaknya bekerja paling baik untukmu dan praktikkan. Sebelum kedalam tahap strategi, analisa kebiasaanmu yang membuatmu menunda. Kondisi seperti apa yang memicu kamu memiliki kebiasaan menunda. Setelah berhasil, berikan penghargaan atas perbaikan kecil dalam perilaku menunda-nunda.

Tapi kamu harus ingat, tidak ada perbaikan yang cepat dan mudah untuk menghilangkannya. Butuh waktu dan usaha, dan tidak ada orang lain yang bisa memperbaikinya untukmu.Then, start now!

Referensi:
Academic Skills Center California Polytechnic State University. Understanding Procrastination. calpoly
Bahraen, Raehanul. 2016. Catatlah Ilmu Ketika Di Majelis Ilmu. Muslim.
Brainy Quote, Brainyquote
Edith Cowan University. 20 Strategies to Overcome Procrastination. intranet

loading...