Monday, October 16, 2017

5 Penyebab Umum Susah Fokus yang Sering Disepelekan

Apakah kamu sering tidak bisa fokus pada sesuatu hal? Saat mengerjakan tugas misalnya, kamu dilanda kebingungan tentang apa yang harus kamu kerjakan lebih dulu.

Ketika kamu membaca buku, kamu gagal memahami isinya karena pikiranmu justru sedang memikirkan hal lain. Atau bahkan pada saat kamu menghibur diri dengan menonton film, meskipun matamu tertuju pada film tersebut tapi pikiranmu justru kosong.

Bahkan dalam ranah menghibur diri, seorang aktris berkebangsaan Amerika Serikat menyatakan bahwa,

If you can't focus on a movie for 90 minutes without looking at your phone, then don't go to the movies! You've got some issues, so you should probably stay home and work on those issue.
– Ginnifer Goodwin

(Jika kamu tidak dapat fokus pada film selama 90 menit tanpa melihat ponselmu, maka jangan pergi ke bioskop! Kamu punya beberapa masalah, jadi kamu mungkin harus tinggal di rumah dan mengerjakan masalah itu.) – Ginnifer Goodwin

Focus
Image: capai target [pixabay]

Sama halnya dengan menonton film yang butuh fokus, kamu juga harus fokus dalam melakukan sesuatu agar kita bisa menggunakan waktu secara efektif. Alangkah baiknya kita mengetahui lebih dulu apa sih penyebab kita susah fokus pada sesuatu, agar kita bisa mencari solusinya. Berikut Fenomena Harimu paparkan 5 alasan mengapa kamu susah fokus terhadap sesuatu.

Penyebab Susah Fokus #1 Kurang Energi


Kamu, terutama otakmu, tidak dapat fokus tanpa energi. Seiring berkurangnya energi, kemampuanmu untuk fokus semakin berkurang. Tubuh butuh bahan bakar. Dan sama seperti mesin apapun, tubuh akan memiliki masalah jika tidak diberi bahan bakar dengan benar.

Memantau suplai energi otak adalah hal mendasar yang harus kamu perhatikan, sama halnya ketika kamu menjaga tangki mobil penuh dengan bensin. Kebanyakan orang mengabaikan begitu saja kebutuhan mendasar ini, seolah-olah persediaan energi otak mereka tidak terbatas.


Tapi saat kamu menginvestasikan energimu dengan bijak dan memastikan bahwa tangki energi otakmu selalu penuh, kamu bisa merasakan emosi positif dalam diri.

Penyebab Susah Fokus #2 Kurang Tidur dan Olahraga


Ada alasan mengapa kita menghabiskan setidaknya 25% hidup kita di tempat tidur. Tidur sangat penting. Tidur memberi otak kesempatan untuk melakukan koneksi neuron, dan memberi waktu kepada tubuh kita untuk memperbaiki otot dan mengganti bahan kimia.

Jadi, ketika kita tidak mendapatkan kuantitas tidur yang cukup, kamu bisa menderita, khususnya pikiran. Kamu jadi susah fokus pada apapun, karena otakmu lelah. Kamu perlu tidur yang cukup untuk mempersiapkan satu hari penuh aktivitas.


Selain kuantitas tidur yang cukup, melatih tubuh dalam berolahraga juga sangat penting. Sebagian besar dari kita tidak melakukan olahraga yang cukup baik, dan ini dibuktikan dengan meningkatnya tingkat obesitas di Amerika Serikat dan di dunia.

Jam kerja kita yang sangat tinggi membuat kita kehilangan waktu berolahraga. Olahraga dapat mengurangi beban pikiran dan juga tubuh. Olahraga memacu pertumbuhan otak, meningkatkan hormon, melawan kecemasan dan depresi, serta mengurangi stres. Semua ini adalah faktor yang dapat mempengaruhi fokus dan konsentrasi kita. Jadi, berolahragalah!

Penyebab Susah Fokus #3 Emosi Tidak Terkontrol


Emosi diibaratkan ‘tombol on-off’ dalam pembelajaran dan pencapaian kinerja puncak. Emosi ini sering diabaikan atau dianggap remeh, padahal keadaan emosimu mendorong kualitas fokusmu dan dengan demikian berengaruh pada hasil yang kamu capai.

Jika kamu bekerja dalam suatu kelompok yang memberikan kepercayaan rendah dan rasa takut yang tinggi, kinerjamu tidak akan baik karena emosimu tidak terkontrol.

Tapi jika kamu bekerja dalam kelompok yang memberikan kepercayaan tinggi dan rasa takut yang rendah, maka kamu bisa mencapai kinerja terbaik, karena emosimu terkontrol dan kamu lebih mudah fokus.

Kamu perlu belajar untuk mengelola emosimu, semakin baik kamu memahami dirimu sendiri, memahami psikologi kepribadianmu, semakin kamu bisa mengontrol emosimu agar bisa fokus. Hindarilah emosi negatif yang membuatmu susah fokus.


Penyebab Susah Fokus #4 Penggunaan Teknologi


Saat ini, kita cenderung berinteraksi dengan tiga teknologi yang berbeda pada saat yang bersamaan (telepon, TV, dan komputer) tanpa masalah apapun. Namun hal tersebut hanya cara hidup, bukan cara untuk fokus.
Jika kamu berpikir bahwa kamu memberi seseorang perhatian yang cukup saat berinteraksi pada 3 hal tersebut dalam waktu bersamaan, kamu salah.

Ketika kamu mengerjakan tugas sambil menonton TV dan telepon kamu letakkan disampingmu, misalnya, ketika melihat iklan yang menarik di televisi, perhatian kamu pada tugas jadi berkurang. Ketika teleponmu berdering dan kamu kamu merasa perlu memeriksanya, perhatian kamu pada tugas jadi teralihkan.

Kita semua perlu menyadari bahwa perangkat teknologi yang kita miliki dan gunakan bisa menghalangi fokus kita. Kita harus terbiasa mematikan segala sesuatu yang tidak kita butuhkan saat pekerjaan perlu diselesaikan. Jika kita menyingkirkan semua gangguan ini, kita bisa memperbaiki fokus kita dengan lebih baik.

Penyebab Susah Fokus #5 Tidak Membuat Rencana yang Baik


Sebuah rencana sangat penting jika kamu ingin fokus. Ketika seorang mekanik melihat ke bawah kap mobil untuk melihat mengapa hal itu tidak berjalan dengan benar, dia tidak hanya dengan pandangan kosong melihat sekeliling dengan harapan bisa melihat sebuah masalah. Selalu ada rencana tentang apa yang harus diperiksa, kapan harus memeriksanya, dan selalu dalam urutan tertentu.

Seorang dokter memiliki rencana saat dia memeriksa keluhan medis pasien. Jadi, saat kamu berurusan dengan sesuatu, buatkah rencana.

Apakah itu sesederhana membuat daftar sebelum kamu pergi ke toko bahan makanan, atau membuat skema dan petunjuk untuk proyek perbaikan rumah, pastikan kamu memiliki rencana. Selalu ada hal yang dikerjakan secara bertahap. Dengan begitu, kamu bisa fokus pada setiap langkahmu, dan bukan pada keseluruhan tugas, hal tersebut bisa menjadikanmu luar biasa.

Related post:

Referensi :
Hallowell, Edward. 5 Reasons You Can’t Focus And What To Do About It. 2014. fastcompany
Michael, Paul. 12 Reasons You Can't Focus — And How to Fix It Now. 2015. wisebread

2 comments

kereeen,makasih yaa ayas infonya...aku terutama tersentil pada penyebab nomor 4 dan 5

Balas October 17, 2017 at 12:17 PM

Sama-sama mbak, semoga bisa saling mengingatkan hehe

Balas October 18, 2017 at 12:24 AM

loading...