Wednesday, November 29, 2017

Kenali Kepribadian Koleris, Perilaku, Kekuatan dan Kelemahan Mereka Lebih Jauh

Satu dari 4 kepribadian yang terakhir yang akan kita bahas adalah si koleris, dari yang sebelumnya telah kita bahas yaitu kepribadian melankolis, plegmatis dan sanguinis.

Jika kamu telah mengetahui kepribadian melankolis sebagai "si pemikir" plegamtis sebagai "si pecinta ketenangan" dan sanguinis sebagai "si pecinta keramaian" maka menurutmu sebagai apa orang dengan kepribadian koleris ini?

Setelah mengetahui ini dan jika kamu telah membaca 3 kepribadian lainnya, maka kamu akan dapat mengelompokkan orang yang kamu temui kedalam 4 kategori kepribadian ini dan perlakuanmu terhadap mereka menjadi jauh lebih terarah dan lebih baik tentunya.

Kembali kami ingatkan, setidaknya setiap orang memiliki 2 kategori kepribadian ini secara dominan. Artinya tidak mutlak seseorang hanya memiliki 1 kepribadian.

Untuk kepribadian koleris, seperti apa kepribadian yang satu ini? Apa saja sifat yang membuat seseorang bisa mendapat sebutan kepribadian melankolis? Mari kenali kepribadian ini, perilaku, kekuatan dan kelemahannya lewat ulasan berikut ini.
Kepribadian Koleris
Image: Kepribadian Koleris [Pixabay]

Apa itu kepribadian koleris ?

Kepribadian koleris adalah salah satu dari empat kepribadian manusia yaitu sanguinis, plegmatis, melankolis dan koleris. Jika kepribadian sanguinis adalah kepribadian yang ceria dan hidup, koleris adalah kepribadian yang kuat. sifat-sifat kepribadian koleris akan dibahas lebih detail di poin-poin berikutnya.

Kepribadian plegmatis, perilaku, kekuatan dan kelemahan

Jika seorang melankolis memiliki sifat introvert, maka seorang koleris bersifat sebaliknya, yaitu ekstrovert. Perilakunya cenderung tegas dan kuat. Kepribadian koleris memiliki kesukaan terhadap petualangan dan tantangan.


Seorang koleris senang memerintah dan mengatur, sehingga tak heran jika mereka tidak memiliki banyak teman. Apalagi mereka juga tidak mau mengalah sehingga banyak orang yang lebih memilih menghindar dari mereka. Namun demikian, kekuatan mereka meliputi:

  • Suka mengatur dan memimpin
    Orang dengan kepribadian koleris adalah seseorang yang suka sekali mengatur orang lain. Di satu sisi ini merupakan hal yang baik karena bisa menjadi motor penggerak dalam suatu grup. Mereka juga bisa menjadi leader dengan kepemimpinannya.
     
  • Mau memimpin serta berorganisasi
    Karena sifat mereka yang seorang pemimpin alias leader, mereka adalah seseorang yang mau memimpin. Mereka juga sangat cocok dalam berorganisasi.
     
  • Bebas dan mandiri
    Karena sifatnya yang suka memimpin, mereka adalah seseorang yang mandiri. Mereka juga berkarakter bebas.
     
  • Berani menghadapi setiap tantangan dan masalah yang menghadang
    Seorang koleris menyukai tantangan. Mereka tidak mudah menyerah terhadap tantangan dan masalah. Mereka juga tidak mudah mengalah karena sifat tegas yang mereka miliki.
     
  • Tidak terlalu memerlukan teman
    Karena sifat mereka yang mandiri dan bebas, mereka tidak terlalu memerlukan teman dalam kehidupan mereka.
     
  • Membuat serta menentukan tujuan
    Jika Anda dalam suatu organisasi dan membutuhkan seorang leader untuk membuat dan menentukan tujuan, Anda memerlukan seorang koleris. Mereka sangat pandai membuat dan menentukan tujuan. Selain itu mereka juga sangat produktif dan mampu mencari pemecahan yang praktis.
     
  • Berkemauan keras untuk mencapai target
    Karena sifat kepribadian koleris yang tegas dan tidak menyerah dalam tantangan, mereka punya kemauan yang keras untuk mencapai target.

Dan termasuk kelemahan mereka meliputi:

  • Tidak sabaran
    Orang dengan kepribadian koleris cenderung tidak sabaran dan cepat emosi alias cepat marah. Sehingga ini sering menyebabkan orang lain merasa tidak nyaman dengan mereka.
     
  • Bossy
    Karena mereka cenderung suka memimpin dan memerintah, sifat bossy mereka bisa membuat orang lain jengah. Banyak orang yang akhirnya menjauh karena tidak mau diatur-atur oleh seorang koleris.
     
  • Terlalu kaku
    Tidak heran jika seseorang suka memerintah, mereka juga menjadi seseorang yang terlalu kaku. Mereka juga cenderung terlalu keras dan tegas sehingga membuat orang lain tidak nyaman dan pada akhirnya menghindar.
     
  • Menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan
    Karena mereka berkemauan keras mencapai target, terkadang seorang koleris menggunakan segala cara untuk hal tersebut. Dalam hal ini tentu saja tidak hanya cara yang bersih.
     
  • Banyak menuntut
    Seorang koleris memiliki sifat cenderung banyak menuntut orang lain. Ini membuat mereka banyak dijauhi oleh orang lain karena tidak menyukai terlalu dituntut.
     
  • Pencemburu tapi mudah berselingkuh
    Pasangan Anda seorang koleris? Jika ya sebaiknya hati-hati, karena mereka cenderung pencemburu tapi sayangnya juga mudah berselingkuh. Dua kombinasi sifat yang sangattidak menguntungkan dalam suatu hubungan. 

Beberapa tokoh yang termasuk kepribadian koleris diantaranya Margaret Tatcher, Bush, Hitler, Saddam Husain. Ketika berinteraksi dengan si koleris ada baiknya to the point, singkat, jelas, dan tepat.

Sifatnya yang kuat membuat sebagian besar dari mereka tidak ingin didominasi atau diambil alih oleh orang lain dalam hal apapun, terutama pada bidang yang mereka minati, karena biasanya mereka enggan mendengar.

Mereka berorientasi terhadap hasil, jika kamu berdiskusi dengannya mereka akan lebih tertarik terhadap pertanyaan "apa". Itu akan memunculkan jawaban yang jelas.

Referensi:
Apriana, Dina. 2015. 4 Tipe Kepribadian (Koleris, Sanguinis, Melankolis, Plegmatis). dina-apriana
____.2007. Sanguinis, Melankolis, Koleris, Plagmatis. ahli.wordpress

loading...