Thursday, November 23, 2017

Kepribadian Sangunis, Perilaku, Kekuatan dan Kelemahan

Pada buku "Personality Plus" karya Florence Litteur menguaraikan ada empat jenis kepribadian manusia yang sudah dikenal yaitu sanguinis, koleris, melankolis dan plegmatis.

Yang mana yang merupakan kepribadian kamu? Atau, kamu belum pernah mendengar kepribadian-kepribadian ini sebelumnya?

Jika ya, tidak ada salahnya mulai mengenal keempatnya lebih dekat. Tentunya agar lebih jauh mengenali sifat-sifat yang ada pada diri kamu. Lalu seperti apakah kepribadian sanguinis itu? Sifat-sifat apa saja yang mendasari kepribadian yang satu ini? Mengapa seseorang bisa disebut berkepribadian sanguinis? Mari kita kenali kepribadian yang satu ini lebih jauh, termasuk perilaku, kekuatan dan kelemahannya melalui ulasan berikut.
Kepribadian Sanguinis
Image: Girl and megaphone [pixabay]

Apa itu kepribadian sangunis?

Apa itu kepribadian sanguinis? Mari mengenalnya lebih jauh. Kepribadian ini bisa dibilang kepribadian seseorang yang populer atau superstar. Mengapa bisa disebut demikian? Tentu saja ini karena karakternya yang bisa dibilang fun, ramah dan bersahabat. Sehingga tak heran jika orang dengan kepribadian ini adalah seseorang yang populer. Seluk beluk sifat dan perilakunya bisa dilihat di poin berikutnya.

Kepribadian sanguinis, perilaku, kekuatan dan kelemahan


Seperti sudah disebut sebelumnya, kepribadian sanguinis adalah ramah dan bersahabat. Mereka mudah berbaur dan bersosialisasi, kecuali kepada orang-orang yang tidak mereka sukai. Mereka mudah memulai suatu percakapan sehingga cenderung populer dan energic.

Mereka juga mudah membantu orang lain. Konsep yang mereka jalani adalah jika orang memperlakukan mereka dengan baik, mereka juga akan membalasnya dengan kebaikan. Dari perilaku tersebut, sehingga memunculkan kekuatan khas mereka seperti:

  • Ceria
    Bisa dibilang, orang dengan kepribadian sanguinis seperti hidup di dunia yang penuh warna dan ceria. Mereka riang dan energic. Sehingga senang membuat orang lain merasa terhibur. Mereka juga bisa membuat suasana rumah menjadi menyenangkan.

  • Kreatif dan inovatif
    Kepribadian yang satu ini adalah kepribadian yang kreatif dan inovatif. Mereka bisa memikirkan kegiatan baru yang menyenangkan dan mengilhami orang lain untuk ikut.

  • Mudah berteman
    Karena sifatnya yang mudah berbaur dan bersosialisasi, mereka menjadi mudah menjalin pertemanan. Mereka juga mudah menyukai orang lain sehingga cenderung populer. Selain itu jika sudah berkumpul seperti suasana pesta, mereka menjadi pribadi yang menyenangkan dan bisa menyemarakkan suasana. Jadi jangan heran jika kepribadian ini dicintai banyak orang dan juga disukai oleh anak-anak.

  • Mudah memaafkan
    Sisi yang menyenangkan dari kepribadian ini adalah mereka orang yang mudah memaafkan kesalahan dan tidak mendendam. Masa lalu adalah masa lalu, kecuali hal tersebut berefek secara emosional pada mereka. Selain itu mereka juga mudah minta maaf jika melakukan kesalahan.

  • Kekanak-kanakan
    Orang-orang dengan kepribadian ini cenderung kekanak-kanakan. Kecenderungan mereka yang suka bermain, menciptakan suasana ramai dan tentunya tidak bisa diam.

  • Suka berbicara
    Mereka sangat suka berbicara. Jadi jika Kamu bertemu dengan kepribadian ini, jangan heran jika mereka akan terus berbicara kecuali dihentikan. Tentu saja ini akan menjadi hal yang positif saat mereka bertemu orang yang cenderung pendiam karena bisa memancing percakapan.

Sedangkan untuk kelemahan mereka meliputi:

  • Susah diam
    Karena mereka cenderung aktif dan ceria, orang dengan kepribadian sanguinis cenderung susah untuk diam. Mereka juga terlihat bersemangat dan senang berkumpul dengan orang lain.

  • Suka tertawa dengan suara yang terlalu keras
    Selain suka berbicara, orang dengan kepribadian ini memiliki suara tawa yang keras. Bahkan kadang terlalu keras hingga dirasa mengganggu.

  • Sulit berkonsentrasi
    Karena sifat mereka yang susah diam, mereka jadi sulit untuk berkonsentrasi. Perhatiannya mudah teralihkan pada hal yang menurutnya menarik. Mereka juga cenderung berpikir pendek.

  • Sedikit pelupa
    Poin ini berhubungan dengan poin sebelumnya. Karena cenderung sulit berkonsentrasi, mereka jadi sedikit pelupa.

  • Mudah marah
    Orang dengan kepribadian ini memang tidak pendendam, tapi mereka mudah marah. Jadi sebaiknya Kamu berhati-hati agar jangan memancing amarah mereka. Mereka mudah mengekspresikan emosi tersebut. Keaktifannya membuat mereka tidak terbiasa pasif, artinya mereka akan sampaikan, mereka akan ekspresikan dengan mudahnya.

  • Hidupnya tidak teratur
    Mereka sulit memprioritaskan kegiatan. Jika bekerja awalnya akan sangat antusias. Tapi lalu mulai melupakan kewajiban. Mereka juga lebih banyak berbicara. Sehingga bisa dibilang mereka hebat di permulaan saja. Oleh sebab itu orang dengan kepribadian ini harus sering diingatkan tentang prioritas mereka.

  • Egois
    Jika Kamu berteman dengan orang-orang berkepribadian ini, jangan heran jika mereka termasuk egois. 
Beberapa tokoh yang termasuk kepribadian sanguinis diantaranya, Madonna, Yaser Arafat, Helmut Smith. Kemudian, bagaimana jika kamu bersama orang tersebut? Gunakan interaksi yang sesimple dan seekspresif mungkin. Jangan biarkan mereka merasa kesepian atau sendiri dan sedetail apapun kamu menjelaskan jika kamu tidak mengemasnya secara menarik atau ekspresif, mereka akan mengabaikannya.

Dari perilakunya yang suka berbicara, energic dan anti sepi, bisa dikatakan mereka termasuk kedalam si ekstrovert. Baca: Ciri Kepribadian Ekstrovert, Perilaku, Pekerjaan, Hubungan, dan Tokoh
Referensi:
Apriana, Dina. 2015. 4 Tipe Kepribadian (Koleris, Sanguinis, Melankolis, Plegmatis). dina-apriana
____.2007. Sanguinis, Melankolis, Koleris, Plagmatis. ahli.wordpress

loading...