Sunday, November 26, 2017

Mengetahui Seluk Beluk Kepribadian Plegmatis, Perilaku, Kekuatan dan Kelemahan

Pada post sebelumnya, kita telah membahas apa itu kepribadian sanguinis. Selanjutnya kamu akan mengetahui kepribadian plegmatis mereka yang katanya sangat dikenal sebagai si pecinta damai, benarkah seperti itu?

Kepribadian Plegmatis
Image: Plegmatis [pixabay]

Mari bahas salah satu dari empat kepribadian tersebut, yaitu plegmatis. Apa itu kepribadian plegmatis? Seperti apa sifat-sifatnya? Bagaimana seseorang bisa disebut memiliki kepribadian plegmatis? Mari ketahui seluk beluknya lebih jauh, mulai dari perilaku, kekuatan hingga kelemahan dari kepribadian ini.

Apa itu kepribadian plegmatis?


Plegmatis adalah salah satu dari empat kepribadian manusia. Kepribadian ini bisa dibilang sebagai pencinta damai dan pribadi yang tenang dan kalem. Mereka bukan pribadi yang menyukai konflik. Mereka juga bisa dibilang memiliki beberapa sifat yang berkebalikan dengan kepribadian sanguinis. Lalu seperti apa perilaku, kekuatan dan kelemahan pribadi ini? Bisa disimak di penjelasan berikut ini.

Kepribadian plegmatis, perilaku, kekuatan dan kelemahan


Seperti sudah disebut sebelumnya, kepribadian plegmatis adalah kepribadian yang cinta damai. Mereka akan sedapat mungkin menghindari konflik sehingga cenderung mengiyakan suatu hal dan mau disuruh apa saja.

Mereka juga rela merasa sakit atau rugi demi menghindari konflik yan berkepanjangan. Kepribadian plegmatis seperti kebalikan dari kepribadian sanguinis, di mana mereka adalah pihak yang diam sementara sangunis pihak yang asyik berbicara. Mereka juga pribadi yang tenang karena tidak banyak bicara. Sehingga mereka unggul dalam:

  • Mudah bergaul
    Orang dengan kepribadian plegmatis adalah seseorang yang santai dan mudah bergaul. Di satu sisi mirip dengan kepribadian sanguinis yang juga mudah bergaul.

  • Cenderung bijaksana
    Karena sifatnya yang tenang, orang-orang dengan kepribadian ini cenderung bijaksana. Mereka juga simpatik dan bisa menjadi penengah suatu masalah, dalam hal pekerjaan juga demikian. Mereka akan berusaha menemukan pemecahan masalah secara damai. Dalam bekerja pun mereka akan menghindari konflik.
     
  • Baik dalam kondisi di bawah tekanan
    Karena sifat mereka yang tenang, mereka adalah tipe orang-orang yang baik dalam kondisi di bawah tekanan.
     
  • Simpatik dan berbelaskasihan
    Mereka adalah orang-orang yang simpatik dan berbelaskasihan. Peduli dengan kondisi orang lain dan tidak suka menyinggung perasaan.
     
  • Mudah diajak rukun
    Karena sifat mereka yang pencinta damai dan menghindari konflik berkepanjangan, mereka mudah diajak rukun dan damai. Ini tentu adalah hal yang baik karena tentu saja tidak baik membiarkan permasalahan berlarut-larut.
     
  • Baik di bidang administrasi
    Mereka cenderung menyukai segalanya terorganisasi dengan baik. Sehingga orang-orang dengan kepribadian ini cocok berprofesi sebagai salah satunya guru maupun akuntan. Saat bekerja mereka juga cakap dan mudah sepakat.
Sedangkan untuk kelemahan mereka meliputi:

  • Terlalu pemalu
    Mereka adalah pribadi yang pemalu, karena itu lebih suka berperan sebagai pihak yang mendengarkan daripada pihak yang berbicara.
     
  • Menghindari konflik
    Karena mereka pencinta damai, mereka sedapat mungkin menghindari konflik, apalagi yang berkepanjangan. Sehingga kadang mereka cenderung mencari cara teraman untuk menyelesaikannya.
     
  • Lebih suka berperan sebagai penonton
    Karena sifatnya yang diam dan membiarkan orang lain yang berbicara, mereka cenderung tidak banyak terlibat suatu hal. Sehingga bisa dibilang mereka adalah orang-orang yang pasif.
     
  • Keras kepala
    Orang-orang dengan kepribadian plegmatis merasa dirinya benar, sehingga mereka keras kepala dan sulit untuk berkompromi.
     
  • Kurangnya orientasi pada tujuan
    Mungkin ini salah satu yang akan menghambat orang-orang dengan kepribadian ini dalam hal pekerjaan. Mereka kurang memiliki orientasi pada tujuan. Selain itu juga kurang memotivasi diri dan sulit bergerak. Sehingga harus sering dimotivasi, apalagi jika sudah menyangkut urusan pekerjaan.
     
  • Tidak senang didesak dan menggantungkan masalah
    Orang-orang dengan kepribadian ini tidak senang jika didesak. Selain itu jika ada masalah mereka kerap menunda alias menggantungkan masalah. Dalam hal mengambil keputusan jika mereka akan terus menunda-nundanya.
Beberapa tokoh yang termasuk kepribadian plegmatis diantaranya, Nelson Mandela, Mother Theresia, Gandhi. Kemudian, bagaimana jika kamu bersama orang tersebut? karena mereka termasuk orang yang sangat tidak suka jika diberikan penekanan, maka biarkan mereka menjawab sesuai waktu yang diperlukan untuk memulai. Jangan meminta mereka untuk memberikan aksi cepat atau tanggapan cepat.

Sudahkah kamu membaca post sebelumnya mengenai sanguinis? ada baiknya kamu juga membaca post tersebut karena di satu sisi ini bisa membantu kamu mengenali sifat-sifat yang ada dalam diri kamu, termasuk kekuatan dan kelemahan kamu. Sehingga kamu bisa mengenali diri kamu dengan lebih baik.

Referensi:
Apriana, Dina. 2015. 4 Tipe Kepribadian (Koleris, Sanguinis, Melankolis, Plegmatis). dina-a  priana
____.2007. Sanguinis, Melankolis, Koleris, Plagmatis. ahli.wordpress

loading...