Tuesday, November 14, 2017

Review Buku: Chicken Soup For The Soul: Dari Musibah Menjadi Berkah

Buku ini cocok untuk kamu yang sedang menghadapi kesulitan dalam hidup yang membuatmu merasa pesimis untuk bisa bertahan serta mencoba mencari pelarian yang tidak baik.

Jack Canfield, Mark Victor Hansen, dan Amy Newmark dibantu para kontributor menyajikan buku Chicken Soup For The Soul : Dari Musibah Menjadi Berkah yang dapat membuatmu merasa "tidak sendiri" dalam menghadapi ujian yang ada.

Buku ini terdiri dari 101 kisah inspiratif para kontributornya yang bisa kamu baca secara berurutan maupun acak.  Para kontributor berbagi kisahnya untuk mendapat yang hasil  terbaik dari situasi yang buruk yang menimpanya baik dalam kesehatan, keuangan, karir maupun relasi.

Kejadian tersebut dalam istilah psikologi disebut resiliensi, yaitu kemampuan seseorang untuk mengatasi dan beradaptasi bila terjadi sesuatu yang merugikan dalam hidupnya (Reivich K dan Shatte, 2002).

Laiknya sebuah bola karet yang dilemparkan ke bawah yang akan memantul tinggi atau lebih sering disebut bounce back. Ciptakan pantulan setinggi mungkin dengan senantiasa berpikiran positif, memaksimalkan ikhtiar, dan doa yang tak pernah putus. Semakin kuat dijatuhkan, semakin tinggi akan melambung.

“Tidak ada orang yang bisa kembali dan memulai kembali awal yang baru, tetapi setiap orang bisa memulai hari ini dan menciptakan akhir yang baru"
– Maria Robinson, hal. 82

Kisah pertama yang kami rekomendasikan adalah keberanian Novelis terkenal Margaret Nava yang meninggalkan pernikahannya menyakitkan tanpa bekal apapun. Suaminya mengajukan perceraian karena ketahuan selingkuh.

Kemalangan tersebut membuatnya harus mencari pekerjaan untuk menyelamatkan diri dari kesulitan ekonomi. Ia memiliki hobi menulis dan memberanikan dirinya untuk mengirimkan beberapa tulisan ke penerbit.

Begitu banyak penolakan yang ia hadapi, namun tak membuatnya berkecil hati dan tetap konsisten menulis. Kini, ia telah menerbitkan beberapa novel diantaranya Egret Cove (2008) dan Mariposa Landing (2010).

“Ampuni dan Lupakan, kata ibu selalu. Diperlukan lebih banyak energi untuk marah daripada untuk sekedar membiarkan."
– Karren R Hessen, hal. 24

Kisah kedua yang kami rekomendasikan adalah Karen yang merawat Kurtis dengan sepenuh hati. Kurtis adalah anak yang disiksa oleh ayahnya hingga mengalami koma selama 8 minggu. Karren mengadopsinya dan mengalami kesulitan dalam meredam sifat pemarah Kurtis. Ia dibantu ibu asuhnya merawat Kurtis hingga ia dapat mengendalikan kemarahannya.

Suatu hari, Kurtis yang telah berusia 8 tahun bertanya tentang ayah yang telah menyakitinya. Saat ditanya kenapa oleh Karren, Kurtis menjawab ia ingin memberitahu ayahnya bahwa ia baik-baik saja. Karren melihat tak ada lagi kebencian terhadap ayahnya di mata Kurtis.

“Mom telah membuktikan bahwa ada petualangan besar meskipun tetap tinggal di tempat.
– Ann Kronwald, hal. 169

Kisah ketiga yang kami rekomendasikan adalah kekaguman Ann terhadap ibunya yang berusaha keras membesarkan ia dan kakaknya tanpa didukung oleh ayah. Ayahnya pergi dan tak pernah kembali. Ibu Ann bekerja keras dari jauh dari tempat tinggalnya untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

Beliau juga mendedikasikan waktu untuk pertumbuhan dan perkembangan anaknya. Beliau memilih tinggal dan bertahan menjadi single mom serta menjadi petualangan yang tetap tinggal di tempat.

“Ikuti gairahmu, maka sukses akan mengikutimu.”
– Terri Guillemets, hal. 4

Kisah keempat yang kami rekomendasikan adalah usaha keras dari Max Elliot Anderson seorang pembuat film dokumenter yang beralih profesi menjadi penulis buku petualangan anak-anak. Sejak kecil Max sudah dibiasakan membaca oleh ayahnya.

Kebiasaan ini masih dilakukannya hingga dewasa. Kemudian, kesukaannya pada dunia perfilman dan dokumenter membuatnya serius menekuni bidang tersebut secara profesional. Bisnisnya di bidang tersebut berkembang, namun mengalami penurunan dan kerugian yang besar.

Ia pun memilih memulai menulis seakan-akan sedang membuat film petualangan. Karya Max membuat para pembacanya merasa seperti menonton film. Max semakin bersemangat untuk menulis lagi dan lagi.

Masih banyak sekali kisah menarik dari buku ini. Seluruh kisah dalam buku ini adalah kisah nyata yang mengajarkan kita untuk berusaha sebaik mungkin menjadi yang terbaik meskipun keadaannya sangat sulit. Bukan hanya kamu yang punya masalah, tetapi semua orang punya masalah dan mereka memilih menjadi yang terbaik. Kenapa kamu tidak melakukan hal yang sama?

Beberapa kisah dalam buku ini menggunakan perumpamaan yang kadang sulit dimengerti. Namun, hal tersebut tak mengurangi kenyamanan bagi pembacanya. Setiap kisah berdiri sendiri sehingga pembaca bebas untuk memilih kisah mana yang ingin dibaca.

Setiap orang lahir sebagai pemenang dan menjadi yang terbaik di bidangnya. Keep trying and Find it!

Buku Chicken Soup for the Soul: Dari Musibah Menjadi Berkah
Image: Buku Chicken Soup for the Soul: Dari Musibah Menjadi Berkah
Jual Buku Chicken Soup for the Soul: Dari Musibah menjadi Berkah
Via Belbuk

Related post:

Referensi :
Canfield Jack, Mark Viktor Hansen, Amy Newmark. 2017. Chicken Soup For The Soul : Dari Musibah Menjadi Berkah. Susi Purwokoga, penerjemah. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama. Diterjemahkan dari : Chicken Soup For The Soul From Lemons to Lemonade.
Reivich K, Shatte A. 2002. The Resilience Factor : 7 Skill For Overcoming Life’s Inevitable Obstaclea. New York : Random House, Inc.

loading...