Wednesday, January 24, 2018

Menenangkan Diri dengan Manfaat Meditasi dalam Sudut Pandang Psikologis

Post sebelumnya, FH telah membahas manfaat olahraga dalam sudut pandang psikologis kali ini bagaimana manfaat meditasi dalam sudut pandang psikologis untuk diri sendiri?

Belakangan ini banyak terdengar kabar mengenai meditasi dalam dunia maya. Sebenarnya apasih yang dilakukan ketika bermeditasi sampai-sampai sering kali dijadikan sebagai ajang pembahasan dalam setiap perkumpulan.

Dalam ranah psikologi sendiri memang sudah sering kali dibahas mengenai meditasi namun memang belum banyak yang tahu mengenai manfaat meditasi dalam sudut pandang psikologis tersebut.

Sehingga perlunya artikel ini untuk membahas beberapa manfaat meditasi yang dilakukan tersebut.
Manfaat meditasi dalam sudut pandang psikologis dan  untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat meditasi:

Manfaat 1# Meditasi Dapat Mengurangi Stres


Sudah sangat familiar dalam kalangan masyarakat jika kita melakukan meditasi  maka kita juga akan memiliki kemampuan dalam menangani stres yang sedang kita hadapi. Caranya juga cukup mudah, cukup bermeditasi selama kurang lebih 10 menit setiap hari maka stres yang dihadapi akan semakin berkurang.

Stres sendiri sebenarnya diakibatkan oleh gaya hidup dan juga tantangan masyarakat modern yang semakin menjadi-jadi. Tidak mudah untuk mendeteksi seberapa parah stres yang dialami seseorang. Namun alangkah lebih baiknya jika sebelum terjadi stres yang berkelanjutan dilakukan beberapa pencegahan. Salah satunya dengan jalan bermeditasi.

Do not let the behavior of others destroy your inner peace.
– Dalai Lama

Jangan biarkan perilaku orang lain menghancurkan kedamaian batin Anda. – Dalai Lama

Menurut para ahli dalam mengobati stres yang terbaik adalah dengan menggunakan relaksasi. Hal itu dapat diperoleh dengan kita bermeditasi. Dalam penelitian lain juga menyebutkan jika bermeditasi juga akan membantu mengurangi resiko stres psikologis dan juga penyakit hipertensi untuk orang yang baru saja menginjak dewasa.

Manfaat 2# Meditasi Dapat Mengendalikan Tekanan Darah


Bermeditasi juga mampu menjaga tekanan darah anda. Dalam penelitian di atas juga telah disebutkan bahwa meditasi transcendental dapat mengurangi tekanan darah anda. Sehingga semakin lama bermeditasi maka tekanan darah dapat berkurang.

Manfaat Meditasi dalam Psikologis
Image: Meditasi [Pixabay]

Manfaat 3# Meditasi Dapat Mengatasi Insomnia


Ketika kita kurang tidur maka hal itu akan menyebabkan beberapa masalah serius dalam berbagai penyakit.  Di antaranya juga kurangnya nafsu makan. Kebanyakan penderita insomnia akan menggunakan obat tidur untuk membantu tidur nyenyak mereka.

Beberapa penelitian telah meneliti mengenai keefektifan bermeditasi dan juga menggunakan obat tidur dalam menangani penyakit insomnia. Namun hasilnya melakukan meditasi ternyata lebih efektif dalam menangani imsomnia tersebut.

Manfaat 4# Meditasi Dapat  Menurunkan Risiko Infeksi Pernafasan Akut (IPA)


Bermeditasi juga memiliki Manfaat untuk kesehatan. Sebagai contoh juga bias menurunkan resiko infeksi pernafasan akut. Infeksi pernafasan akut disebabkan oleh adanya virus influenza yang akan mempengaruhi banyak orang.

Sistem kekebalan tubuh dan juga berolahraga akan melindungi kita dari virus tersebut.  Berolahraga dan juga bermeditasi telah banyak terbukti dapat menangkal infeksi pernafasan yang akut serta menambah tubuh kita semakin sehat.

Meditation is not a way of making your mind quiet. It’s a way of entering into the quiet that’s already there – buried under the 50,000 thoughts the average person thinks every day.
– Deepak Chopra

Meditasi bukanlah cara membuat pikiran Anda tenang. Ini adalah cara masuk ke dalam ketenangan yang sudah ada - terkubur di bawah 50.000 pikiran yang dipikirkan rata-rata orang setiap hari. - Deepak Chopra

Manfaat 5# Meditasi Dapat Mengatasi Gangguan Seksual


Manfaat meditasi yang begitu penting dan sangat mengagumkan adalah kemampuan yang didapat dalam meditasi untuk membantu terapi seksual bagi wanita yang mengalami gangguan dalam seksualnya.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 menunjukkan bahwasanya terjadi perubahan yang begitu signifikan dalam masalah dan juga gairah seksual. Dalam penelitian tersebut peneliti menunjukkan banyaknya peningkatan nilai pemulihan depresi bagi wanita yang mengalami gangguan seksual akibat dari sejarah yang pernah dialami wanita tersebut.

Manfaat 6# Meditasi Dapat Membantu Penurunan Berat Badan


Penelitian yang sudah dilakukan serta survei yang sudah dibuktikan menyebutkan, jika makan ketika kita dalam keadaan emosi akan sangat memberikan kontribusi yang lumayan besar terhadap kasus obesitas baik itu terjadi pada orang dewasa maupun terjadi pada remaja.

Kebiasaan makan seperti ini akan mendorong kita untuk selalu makan yang banyak meskipun perut kita tidak dalam kondisi yang lapar.  Kebiasaan seperti ini banyak diakibatkan karena adanya stres yang tidak bisa dikelola dengan baik serta adanya kebosanan, kegelisahan dan juga kesedihan yang mendalam.

Dengan bermeditasi secara baik dan benar maka akan membantu menurunkan berat badan dan juga akan membantu memperbaiki kondisi pola makan yang buruk dan tidak teratur. Meditasi juga akan bisa mengendalikan porsi makan sehingga akan sangat berhubungan langsung dengan  obesitas secara keseluruhan.

Manfaat 7# Meditasi Dapat Meningkatkan Kecerdasan


Dengan bermeditasi maka kita akan bisa meningkatkan dan mempertajam pikiran kita. Hal ini akan sangat bermanfaat jika kita menginginkan kecerdasan yang tinggi. Dengan adanya manfaat meditasi dalam sudut pandang psikologis  maka secara otomatis otak kitapun akan bertambah cerdasnya.

Related Post:

Referensi:
_____._____. 200 Meditation Quotes For Practice, Inspiration, and Livinf. liveanddare. Diakses: 24 Januari 2018

_____. 2015. 11 Manfaat Meditasi yang Mungkin Bakal Mengejutkan Anda. Sehatraga. Diakses: 23 Januari 2018

Penulis FH WardiPenulis konten: Wardi
"Teruslah bergerak, berisitirahatlah setelah lelah. Jangan mendahulukan istirahat sebelum lelah"

loading...