Tuesday, January 23, 2018

Upgrade Diri dengan Manfaat Berolahraga dalam Sudut Pandang Psikologis

Tahukah kamu otak dan tubuh manusia akan mendapatkan respon positif yang alami jika ia makan, berhubungan intim dan berolahraga? Ya, Olaharaga.

Olahraga memang sudah sangat terbukti dalam menambah dan menjaga bagi kesehatan tubuh kita. Karena dalam berolahraga maka tubuh akan ikut bugar dan juga lebih segar. Namun di samping berguna bagi jasmani kita banyak juga manfaat olahraga dari sudut pandang psikologis.

Manfaat berolahraga
Image: Running [pixabay]

Dalam berbagai penelitian yang dilakukan dalam psikologis ternyata banyak sekali hubungan antara olahraga dengan kesehatan psikologis dan juga kesehatan mental bagi kebanyakan orang. Berikut beberapa manfaat dari sudut pandang psikologis terhadap berolahraga:

Manfaat #1 Olahraga Mengurangi Stres


Sudah tidak asing jika seseorang mengalami stres. Karena memang setiap manusia memiliki beberapa penyebab stres. Naik disebabkan masalah ekonomi, keluarga maupun masalah yang lainya. Nah ternyata dengan berolahraga secara rutin dan benar maka seseorang akan terhindar dari stres yang berkelanjutan.

Saat tubuh berolahraga, otak akan menurunkan kadar kortisol yang menyebabkan seseorang menjadi stress atau depresi dan memproduksi lebih banyak hormon domapin. Seseorang akan lebih mudah terkena rasa malas jika tidak menggerakkan tubuh mereka sehingga hormon dopamin dapat membuat orang menjadi lebih termotivasi dan kemudian ia akan lebih produktif.

Manfaat #2 Olahraga Dapat Meningkatkan Kekuatan Otak


Ketika kita berolahraga tentunya kita juga bias meningkatkan daya otak kita. Karena dengan berolahraga dengan rutin maka akan meningkatkan  daya reaksi, kreativitas dan juga konsentrasi kita.

Hal ini terjadi karena tubuh akan memompa darah lebih cepat sehingga kadar oksigen  juga cepat  dan pada akhirnya akan mempercepat pasokan darah ke otak kita. Hal ini yang dapat meningkatkan kerja otak.

Manfaat #3 Meningkatkan Gelombang Otak Alfa


Banyak penelitian yang menyebutkan jika dengan berolahraga maka dapat meningkatkan gelombang alfa pada otak kita. Gelombang alfa ini sangat berhubungan dengan keadaan rileks dan santai seperti ketika bermeditasi.

Gelombang ini juga akan terlihat ketika seseorang jogging dalam waktu 30 menit. Dalam penelitian disebutkan jika banyak mendapatkan gelombang alfa maka akan sangat berguna bagi kesehatan mental kita.

Manfaat #4 Berolahraga Sebagai Penyalur Saraf Otak


Dengan berolahraga maka juga bias sebagai penyalur saraf otak. Dengan begitu maka akan terhindar dari depresi.  Ketenangan dalam otak akan memberikan tubuh kita dalam kesehatan.  Anda akan merasakan sebuah ketenangan ketika anda rutin berolahraga.

Manfaat #5 Melawan Penuaan


Dalam sebuah penelitian yang dilakukan belakangan ini dengan berolahraga berjalan kaki saja, maka sudah dapat menghambat penuaan dan juga akan menambah daya kerja otak pada lansia.

Semakin lama dan semakin rutin jalan kaki dilakukan maka ketajaman pikiran pada orang yang sudah lanjut usia akan semakin baik.  Jika menginginkan hasil yang baik maka dengan melakukan hal tersebut setiap minggu selama Sembilan minggu berturut-turut.

Hal ini berkaitan dengan kadar hormon stress yang rendah, kita sering mendengar bahwa orang yang sering stress atau depresi akan membuat orang menjadi terlihat lebih tua bukan?

Manfaat #6 Berolahraga Akan Meningkat Perasaan Bahagia


Sudah banyak Banyak orang yang mengalami penyakit depresi dan juga sakit hati namun dalam mengobatinya dengan menggunakan obat penenang.  Padahal sebenarnya jalan untuk mendapatkan ketenangan bias dilakukan dengan menggerakkan tubuh kita secara rutin dan benar. Dengan berolahraga maka akan merasakan hormon penumbuh rasa bahagia di dalam otak.

Dalam survei yang dilakukan di negara inggris mendapatkan hasil bahwa 80% penderita depresi yang bergantung pada aktivitas olahraga dalam menangani dan menyembuhkan kecemasan dan penyakit yang dideritanya.  Berolahraga akan memberikan efek bahagia jika dilakukan secara rutin kurang lebih selama 16 minggu.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di duke juga telah membuktikan bahwa 60% orang yang menderita depresi yang telah menjalani olahraga selama 30 menit setiap hari selama 6 bulan berturut-turut akan bias melawan penyakit yang dideritnya tanpa menggunakan obat dari dokter. Namun jika seseorang mengalami depresi yang berat tentu tidak bias lepas dari obat dari dokter. Untuk itu dokter akan memberikan resep obat beserta olahraga yang rutin.

Manfaat #7 Berolahraga Dapat Meningkatkan Kepercayaan Diri


Dalam masa modern seperti ini untuk mendapatkan rasa percaya diri tidak hanya di dapat dari keindahan fisik semata. Sebuah penelitian yang di lakukan di negara amerika serikat menyebutkan jika seorang remaja berolahraga secara rutin maka akan memiliki kadar kepercayaan diri yang sama kuat dengan orang yang memiliki penampilan yang indah.

Good things come to those who sweat
-Quotebox[dot]com
(Hal-hal baik datang dari mereka yang berkeringat)

Sesungguhnya kemantapan diri itu terletak pada tubuh yang prima dan juga tubuh yang sehat. Berolahraga bukan hanya ingin mendapatkan tubuh seperti dalam model, namun juga menginginkan tubuh yang sehat. Ingin lebih tahu manfaat berolahraga sehingga dapat mengatasi rasa malas? Video ini akan menjelaskannya kepadamu.



Related Post:

Referensi:
AsapSCIENCE. 2014. The Science of Laziness. youtube. Diakses 10 Desember 2016

Penulis FH WardiPenulis konten: Wardi
"Teruslah bergerak, berisitirahatlah setelah lelah. Jangan mendahulukan istirahat sebelum lelah"

loading...