Wednesday, February 28, 2018

Waspada Akibat Duduk Terlalu Lama yang Perlu Kamu Ketahui

Ketika teknologi sudah semakin maju seperti saat seperti ini, tentunya membuat kita semakin dimanjakan dengan perangkat yang membuat pekerjaan kita menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Orang memilih melakukan hal yang prakis sehingga orang cenderung berpikir "bagaimana membuat ini menjadi lebih cepat dan tidak membutuhkan stamina yang banyak?"

Hal tersebut adalah inovasi, namun yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kita menyikapi kemajuan teknologi ini sehingga tidak menjadi boomerang yang pada akhirnya mengganggu bahkan merusak kehidupan kita.

Kita ambil contoh untuk aktifitas duduk

Sebagian orang bahkan banyak menghabiskan waktu kerjanya di depan komputer dengan durasi waktu yang cukup panjang. Bukan hanya itu dalam perjalanan ke kantor pun banyak menghabiskan waktu untuk duduk di mobil.
Waspada akibat duduk terlalu lama
Image: duduk diatas kursi [Pixabay]

Resiko gangguan kesehatan akibat duduk terlalu lama


Sebagian orang yang melakukan pekerjaannya dengan duduk yang lama ditambah lagi dengan pola makan yang tidak benar serta kurangnya berolahraga akan menimbulkan resiko terkena beberapa penyakit. Berikut ini beberapa resiko kesehatan akibat duduk terlalu lama:

1. Sangat beresiko dan rentan terkena penyakit

Ketika anda dalam posisi duduk yang relative lama, maka akan beresiko terkena penyakit. Mulai dari penyakit jantung, kanker sampai diabetes militus.

Ketika anda duduk terlalu lama dalam bekerja juga akan meningkatkan tekanan darah anda, meningkatkan gula darah, meningkatkan lemak pada pinggang serta bisa meningkatkan kadar kolesterol.

2. Meningkatkan resiko obesitas pada tubuh anda

Ketika anda terlalu banyak bekerja dalam posisi duduk, maka anda akan beresiko meningkatkan obesitas pada diri anda. Hal ini disebabkan ketika anda terlalu banyak duduk maka akan meningkatkan rasa lapar sehingga anda akan makan terus menerus.

Dan pada akhirnya anda secara tidak sadar mengetahui jika berat badan anda naik. Apalagi jika anda tidak melakukan olahraga secara teratur  maka yang terjadi lemak dalam tubuh anda akan menumpuk dan akan menyebabkan kegemukan pada tubuh anda.

3. Menyebabkan lemahnya otot anda

Ketika anda bekerja dengan duduk, maka otot anda akan tidak digunakan. Apalagi jika dalam bekerja anda hanya duduk saja tanpa melakukan aktifitas yang lainya.

Hal ini dikarenakan ketika anda duduk maka otot anda tidak bekerja beda dengan ketika anda berdiri maka otot juga akan ikut menegang. Sehingga ketika kebanyakan duduk maka otot juga akan ikut melemah.

4. Menyebabkan lemahnya kekuatan otak anda

Ketika anda  bekerja dengan duduk, meski pekerjaan itu menggunakan komputer yang notabene berarti otak anda juga ikut berfikir, maka otak anda juga tetap akan melemah. Hal ini disebabkan karena kurangnya gerak pada diri anda.

Beda dengan ketika anda bergerak maka otot juga akan ikut bergerak memompa darah serta oksigen  yang akan disalurkan ke dalam otak. Otak. Hal ini karena peredaran daranya yang lambat.


5. Beresiko terkena sakit tulang belakang dan di leher


Ketika anda bekerja dengan duduk  dalam waktu yang relative lama, maka anda akan beresiko terkena penyakit pada tulang belakang dan juga pada leher anda.  Hal ini disebabkan karena posisi yang tidak nyaman serta karena keadaan duduk yang terlalu lama sehingga menyebabkan punggung nyeri dan leher pegal.

Dengan duduk yang lama maka anda akan menambahkan tekanan pada cakram tulang belakang anda. Hal inilah yang menyebabkan rasa sakit pada tulang belakang dan leher anda.

Cara mencegah gangguan kesehatan yang disebabkan karena duduk terlalu lama


Untuk menanggulangi hal tersebut, salah satunya dengan cara mengurangi durasi duduk ketika bekerja dengan diselingi dengan gerakan dan aktivitas lain.  Gerakan ini cukup sederhana, dengan berdiri, berjalan dan sedikit gerakan lain.

Ketika anda sudah terlalu capek dengan posisi duduk maka lakukanlah aktivitas lainya. Hal yang anda bisa lakukan dalam mencegah resiko duduk terlalu lama  seperti:
  • Ketika di kendaraan umum seperti Kereta KRL memilih untuk berdiri dari pada duduk.
  • Ketika pulang ke rumah maka memilih untuk berjalan kaki meski lebih lama dari pada menggunakan kendaraan.
  • Ketika ingin menuju lantai atas, maka memilih menggunakan tangga dari pada menggunakan lift begitu juga sebaliknya.
Masih banyak cara lain yang bisa dilakukan selain dengan cara di atas . ketika anda lebih banyak bergerak maka akan semakin banyak perubahan sera semakin berkurang resiko terkena penyakit.  Sehingga disarankan untuk selalu berolahraga secara teratur untuk membantu mengurangi lemak yang ada dalam tubuh anda.

Demikian yang dapat di sampaikan mengenai beberapa akibat duduk terlalu lama, semoga dengan begini dapat membantu anda dalam menyelesaikan masalah mengenai kebanyakan duduk yang anda alami.

Referensi:
Veratamala, Arinda. 2017. 5 Gangguan Kesehatan Akibat Duduk Terlalu Lama. hellosehat[dot]com

Penulis FH WardiPenulis konten: Wardi
"Teruslah bergerak, berisitirahatlah setelah lelah. Jangan mendahulukan istirahat sebelum lelah"

loading...