Thursday, March 15, 2018

Bagaimana Ekspresi Jijik Bisa Menyelematkanmu dari Dampak yang Buruk?

Setiap manusia memiliki perasaan dan ekspresi yang sangat banyak dan juga sangatlah beragam. Senang, susah, sedih, kecewa, malas, takut dan juga jijik. Ekspresi jijik pada sesuatu sangtlah wajar dimiliki manusia.

Orang yang tidak memiliki rasa jijik terhadap sesuatu bisa jadi orang tersebut malah menjadi orang yang jorok dan juga menjijikkan di mata orang lain.

“Orang yang merasa jijik terhadap sesuatu tanpa menyadarinya. Itu mempengaruhi hidup kita dalam begitu banyak cara yang halus, dan sangat penting bahwa kita memahami betapa luar biasanya pengaruh itu,“
Valerie Curtis

Tingkat kejijikan dari setiap orang yang berbeda-beda tergantung dari kebiasaan yang dilakukan. Sedari itu sudah sewajarnya jika kita mengetahui mengapa orang memiliki perasaan jijik sedini mungkin, agar kita bisa memaklumi terhadap orang lain.

6 hal yang sering membuat orang merasa jijik


Berdasarkan penelitian Dr. Valerie Curtis dari London School of Hygiene and Tropical Medicine tahun 1990-an, 6 hal yang biasanya membuat orang merasa jijik meliputi:
  1. Hal-hal yang dikeluarkan oleh tubuh, seperti feses, muntah, keringat, ludah, darah, nanah, air mani, lendir, ingus, dan lainnya.
  2. Bagian tubuh, seperti luka, mayat.
  3. Makanan busuk, terutama daging dan ikan busuk.
  4. Sampah
  5. Beberapa makhluk hidup, seperti lalat, belatung, kutu, cacing, tikus
  6. Orang yang sakit, terkontaminasi
Rasa jijik sebenarnya adalah perilaku yang berasal dari reaktif tubuh kita yang bersifat untuk mencegah  sesuatu keburukan yang akan terjadi di dalam tubuh kita.

Orang yang merasa jijik biasanya akan menunjukkan ekspresi mengkerutkan wajah pada bagian tengah, panca indra mereka mengisyaratkan adanya "racun", sehingga reaksi yang timbul adalah memuntahkan aroma atau sesuatu dari mulut.

Ekspresi Jijik
Image: Ekspresi jijik (10) [pixabay]

Perasaan jijik tersebut juga sebenarnya sangat baik bagi kesehatan tubuh kita, karena akan mencegah timbulnya penyakit yang lebih parah yang bisa saja disebabkan oleh kuman.

Bagaimana merasa jijik dapat menjaga kesehatan tubuh?


Penyebab mengapa orang memiliki perasaan jijik tentunya sudah tidak perlu di pertanyakan lagi namun ternyata dibalik perasaan jijik terkandung beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh kita di antaranya :

1. Merasa jijik akan memperingatkan bahwa kita menelan sesuatu yang tidak sesuai dengan tubuh kita

Ketika kita makan dan kemudian menelan sesuatu yang ternyata di dalamnya tidak sesuai dengan tubuh kita, maka dalam tubuh kita akan muncul reaksi mual. Hal ini akan terjadi dengan sendirinya akibat tidak baik bagi tubuh kita.

Contohnya ketika kita memakan sesuatu yang notabene ternyata kita tidak suka dengan jenis makanan tersebut karena memang menjijikkan. Meski dengan mata yang ditutup, maka ketika kita memakannya maka tubuh tidak mau menerima dan merasakan mual secara langsung.

2. Jijik akan mengingatkan kita pada sesuatu yang bisa jadi berbahaya

Rasa jijik juga terkadang dikarenakan adanya sesuatu yang berbahaya dan akan membawa sebuah penyakit tertentu. Hal ini di contohkan ketika kita jijik terhadap darah maupun hal-hal yang lainya. Padahal yang demikian tersebut bisa saja mengakibatkan tumbuhnya sebuah penyakit akibat adanya sebuah virus tertentu yang menular.

3. Rasa jijik mengajarkan untuk bijaksana terhadap tubuh kita sendiri

Ketika kita mengalami perasaan yang jijik terkadang hal itu adalah sebuah tanda bahwasanya sedang terjadi sesuatu yang tidak beres dalam lingkungan kita. Hal ini terkadang di tandai dengan adanya reaksi fisik yang nantinya akan mengingatkan kita terhadap sesuatu yang tidak baik akan terjadi.

Biasanya sebagai sebuah antisipasi dari hasil refleksi kita akan menyadari mengapa kita merasakan jijik tersebut. Dan pada akhirnya kita akan lebih bijaksana dalam menyikapi hal yang terjadi dalam tubuh kita.

4. Rasa jijik dapat menjadi motivator kuat untuk perubahan positif dalam diri kita

Suatu ketika, ketika kita menemukan sesuatu yang kita anggap jijik dan akan membuat kita merasa mual, maka reaksi yang biasanya terjadi dalam tubuh kita adalah merasakan muntah. Dan setelah itu dengan terpaksa maupun tidak kita akan menyingkirkan hal yang menjijikkan tersebut. Dengan begitu dengan adanya rasa jijik maka kita akan melakukan sebuah perubahan yang dirasa cukup kelihatan hasilnya.

Jika dalam kebiasaan kita terlalu jorok dan sembarangan, dengan adanya rasa jijik maka kita akan berfikir bagaimana cara untuk menjadikan lingkungan di sekitar kita menjadi lebih bersih sehingga aman untuk digunakan.

“Jijik adalah sebuah organ – seperti mata dan telinga. Itu punya kegunaan, itu eksis untuk sebuah alasan," kemudian dia (Valerie Curtis) menambahkan ”Seperti kaki yang membuat anda bergerak dari A ke B, rasa jijik mengatakan kepada anda hal-hal apa yang aman untuk disentuh dan mana yang seharusnya tidak boleh disentuh.”

Demikian beberapa hal yang berkaitan dengan mengapa orang memiliki perasaan jijik semoga bisa menambah wawasan bagi kita semua.

Referensi:

Referensi:
Veratamala, Arinda. 2017. Ini yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kita Merasa Jijik. Hellosehat[dot]com
____. 2013. Saintis: Rasa Jijik Mengontrol Manusia. dw[dot]com

Penulis FH WardiPenulis konten: Wardi
"Teruslah bergerak, berisitirahatlah setelah lelah. Jangan mendahulukan istirahat sebelum lelah"

loading...