Monday, July 30, 2018

Ingin sukses? Mulai aja dulu, mulailah dari diri sendiri

Banyak yang bermimpi menjadi sukses dan dapat mengubah dunia, tetapi bingung bagaimana harus memulai, bukan? Jack Ma menyarankan untuk memulainya dari diri sendiri. Menanamkan kebaikan pada diri sendiri dan membiasakannya.

“If want to change the world, we change ourself. Change ourselves is more important and easier.”
- Jack Ma -
(Bila ingin mengubah dunia, ubahlah diri sendiri. Mengubah diri sendiri itu lebih penting dan lebih mudah)

Langkah pertama yang harus diambil adalah mengenali diri sendiri. Setiap orang memiliki peran dan potensinya masing-masing. Dirimu adalah aset terbaik yang dimiliki oleh dunia. Warren Buffet mengatakan bahwa kebanyakan orang hanya memanfaat sedikit potensinya untuk hidup.

“You are your own biggest asset by far. I mean you have got all kinds potential.”
- Warren Buffet -
 (Kamu adalah aset terbaik. Maksudku, kamu sudah memiliki banyak potensi)

Recommended post: Setiap Orang adalah Ahli

Warren Buffet berpesan bahwa investasi terbaik adalah menginvestasikan potensi terbaik yang ada pada diri sendiri. Pupuk potensi dengan senantiasa belajar dan jangan menyerah. Setiap pilihan yang kamu ambil, jalani dengan baik. Lakukan secepat dan seakurat mungkin. Apa yang kamu lakukan hari ini, menentukan apa yang terjadi di 5 hingga 10 tahun ke depan, atau mungkin keseluruhan hidupmu.


Pilihan yang harus segera diambil itu adalah passion dan wujudkan dalam bentuk impian. Warren Buffet mengatakan bahwa passion adalah sesuatu yang membuatmu bersemangat setiap kamu bangun tidur. Passion bukan soal uang dan jabatan dalam suatu organisasi, melainkan sesuatu yang membuatmu semangat dan bahagia karena sudah melakukannya dengan baik. Hal itu memicu untuk terus melakukannya dengan lebih baik lagi.

Passion atau gairah hidup tak bisa ditentukan oleh orang lain. Siapapun dapat memilih passionnya dan harus mempertanggungjawabkannya. Orang lain boleh berkomentar buruk mengenai passion yang kamu ambil, tetapi komentar buruk itu tak lantas membuatmu tidak memperjuangkan passion tersebut.

Sukses tepat sasaran
Image: Arrows [pixabay]

Hidupmu bukanlah milik orang lain, ambil keputusan, pilih potensi terbaik, dan kembangkanlah menjadi passion. Kehadiran passion ini akan membantumu untuk melangkah ke tangga kesuksesan yang lebih tinggi. Orang lain layaknya semesta yang akan membantumu dengan caranya masing-masing. Ada yang membantu dengan ikut aktif dan memberi semangat. Ada juga yang menjatuhkan untuk membangunkanmu agar dapat berlari lebih cepat menuju kesuksesan.

Selanjutnya, tanamkan rasa cinta dalam mewujudkan passionmu. 'Love what you do' atau cintai yang kamu kerjakan. Hal ini akan membuatmu senang menjalani proses yang ada. Seberat apapun itu. Pikiranmu akan menggerakkanmu untuk terus bergerak meski tubuh sudah lelah. Tanpa sadar kamu akan terus tersenyum saat menjalani semua proses itu.


Selanjutnya, buatlah visi untuk mewujudkan impian. Visi laiknya jalan yang harus kau tempuh menuju tujuan akhir bernama impian. Visi dibuat dengan konkret dan dilaksanakan dengan kedisiplinan yang tinggi.

Seiring waktu berjalan, perjuangan menuju impian akan dihadang oleh kegagalan. Setiap kegagalan yang datang setelah berusaha keras dijadikan sebuah pelajaran. Hal itu berarti cara tersebut bukan jalan menuju kesuksesan. Jangan menyerah.

Laiknya bayi yang berjalan selangkah demi selangkah. Meraih impian dan kesuksesan juga sama seperti itu. Jangan takut dan terus melangkah maju karena kesuksesan bukan kecelakaan yang tiba-tiba terjadi. Impian dan kesuksesan diraih dengan kedisiplinan menjalankan visi yang sudah dirancang. Tak peduli pada berapa kali pun kegagalan menghadang. Keberuntungan akan hadir setelah berusaha keras dan kesuksesan yang diraih harus tetap dipertahankan.

“There is never lack of opportunity. If you don’t think there is an opportunity. There haven’t found it. Its not the opportunity, its you” 
- Mark Cuban -
(Tidak pernah ada kekurangan kesempatan. Jika kamu merasa tidak ada peluang. Kamu tidak akan menemukannya. Ini bukan soal kesempatan, ini tentang kamu)

Arnold Schwarzenegger memiliki cita-cita menjadi binaragawan yang mendunia. Ia rajin berolahraga untuk membetuk otot tubuhnya. Setiap kali merasa lelah, ia mencoba tetap tersenyum. Seharian berolahraga dengan wajah ceria membuatnya semangat dan merasa satu langkah lebih dekat menuju impiannya.

Arnold Schwarzenegger menghias dinding kamarnya dengan poster tokoh-tokoh sukses yang dikaguminya. Setiap kali ingin tidur, ia menatap poster itu dan membulatkan tekadnya untuk berusaha lebih keras di esok hari. Setiap kali bangun tidur, ia kembali menatap poster itu dan bertekad untuk berusaha lebih keras di hari itu. Ia terus memotivasi dirinya dari waktu ke waktu.

Akhirnya, Arnold Schwarzenegger terpilih menjadi Mr. Universe dan Mr. Olimpia. Tak hanya itu, ia juga berhasil memulai karirnya menjadi bintang film. Tak butuh lama, ia menjadi bintang hollywood yang terkenal hingga saat ini.

Kisah kesuksesan Arnold Schwarzenegger ini bisa menjadi teladan. Begitu pun kisah tokoh-tokoh sukses lainnya. Mereka berjuang keras dalam diamnya dan saat sukses mereka akan membagikan kisah perjuangannya sebagai bentuk syukur atas apa yang telah mereka raih.

Apapun passion yang sedang diperjuangkan, semoga tulisan sederhana ini bisa memberi sedikit suntikan semangat. Jangan menyerah dan pastikan api semangatmu terus membara. Keep fighting!



Referensi :
________. 2014. Arnold Schwarzenegger. Biography.
Advice, Video. 2017. THE MOST SUCCESSFUL PEOPLE IN THE WORLD GIVE ADVICE AGAIN - NEW Motivational Video 2017. Youtube


Penulis FH Ulfah
Penulis konten: Ulfah
"Everyday is barokah day"

2 komentar

Oke... Aku akan berusaha utk selalu love what I do

Balas August 1, 2018 at 3:55 PM

Tentunya yang bermanfaat untuk diri sendiri dan juga orang lain :)

Balas August 15, 2018 at 10:49 PM

loading...