loading...

Wednesday, August 8, 2018

Kriteria Suami Idaman Para Wanita, Seperti Apa?

Mendapatkan pasangan hidup yang ideal merupakan keinginan setiap wanita. Tentu keinginan setiap wanita berbeda-beda dalam menentukan seperti apa sosok ‘suami idaman’ mereka. Namun apakah suami idaman wanita hanya diukur dari kemapanan dan ketampanan seperti streotip yang selama ini berlaku dalam masyarakat?
Suami idaman wanita
Image: Wedding [pixabay]
Berikut fenomena harimu merangkum hasil survey mengenai suami idaman wanita, yang dikutip dari laman Sunday Express.

#1 Memiliki sense of humor


Berada dalam urutan pertama, kriteria ini mendapatkan polling sebesar 52 persen.

Sense of humor adalah kemampuan seseorang untuk menggunakan humor sebagai cara menyelesaikan masalah, keterampilan menciptakan humor, serta kemampuan menghargai atau menanggapi humor. Secara psikologis, humor dapat menolong individu saat menghadapi kesukaran.

Pria yang memiliki sense of humor yang baik pantas saja menjadi kriteria suami idaman, ia dianggap mampu diandalkan untuk mencairkan suasana dalam berbagai situasi. Ia adalah kualitas manusia yang sangat berharga untuk membantu memahami ketidaksesuaian, termasuk ketika terjadi konflik dalam hubungan cintanya.

“Like a welcome summer rain, humor may suddenly cleanse and cool the earth, the air and you.”
- Langston Hughes, American Poet
(Seperti hujan musim panas yang menyambut, humor dapat tiba-tiba membersihkan dan mendinginkan bumi, udara, dan Anda.) - Langston Hughes. Penyair asal Amerika.

#2 Pendengar yang baik


Mendengar merupakan salah satu dari empat jenis dasar komunikasi. Berdasarkan fakta, seseorang cukup banyak menghabiskan waktu belajar untuk membaca, menulis, dan berbicara. Akan tetapi, jarang atau bahkan tidak sama sekali mereka belajar bagaimana cara mendengar yang baik.

Kodrat wanita sebagai makhluk yang cenderung lebih banyak berbicara dari pria, membuatnya menginginkan sosok suami yang bisa menjadi pendengar yang baik untuknya. Kriteria ini mendapatkan polling sebesar 49 persen yang  menempati urutan kedua sebagai suami idaman.


#3 Menunjukkan kedekatan dengan keluarga di depan publik


Wanita menyukai pria yang berani menunjukkan kedekatan dengan keluarganya di depan publik, terutama dengan Ibunya.

Menurut Dr. William Pollack, seorang professor psikologi dari Universitas Havard, pria yang dekat dengan ibunya tidak akan enggan untuk membantu pekerjaan rumah tangga seperti memasak, membersihkan dan mengganti popok bayi tanpa mengernyitkan mata.

Disamping itu, wanita suka diperlakukan istimewa di depan umum, jika dengan keluarganya saja pria tidak malu menunjukkan kedekatan dengan keluarganya, mengapa tidak kepada wanita sebagai pasangan hidupnya nanti?

#4 Memiliki kecerdasan teknologi


Seiring dengan perkembangan zaman, setiap tahunnya kita disuguhkan dengan penemuan-penemuan teknologi terbaru. Sebagai manusia yang berakal, kita dituntut untuk melek teknologi.

Pria dengan kecerdasan teknologi, cenderung dapat meningkatkan kompetensi dan produktivitasnya, mereka dianggap lebih kreatif dan inovatif. Hal tersebut berpengaruh terhadap karir dan relasi sosialnya.


Wanita mengidamkan sosok suami seperti itu karena mau tidak mau, perkembangan teknologi banyak mengubah aspek dalam kehidupan.

Tentu wanita tidak mau kerepotan membersamai pria yang gagap teknologi karena tidak bersifat terbuka terhadap perkembangan zaman, bukan? Kriteria ini mendapatkan polling sebesar 39 persen.

#5 Memiliki pesona atau daya tarik tersendiri


Manusia, baik pria atau wanita memiliki ‘charm’ atau daya tarik tersendiri. Dikutip dari laman Dosen Psikologi, psikologi dalam cinta menyatakan meskipun pasangan memiliki kekurangan namun pasti ada 1 saja kelebihan yang membuat pasangannya merasa jatuh cinta. 

Pria yang memiliki daya tarik, membuat wanita menanggap pria tersebut benar-benar suami idaman yang diinginkannya, dimana ia berbeda dengan pria yang lain.  Misalnya, pria yang memiliki suara lebih dalam lebih dianggap menarik atau berkesan bagi wanita daripada pria yang memiliki suara yang tinggi.

Pada dasarnya, wanita butuh sosok suami dengan kelebihan yang bisa dibanggakan. Karakteristik ini mendapatkan polling sebesar 40 persen.

#6 Berpenampilan menarik


Tidak bisa dipungkiri, penampilan fisik menjadi hal penting yang dipertimbangkan wanita dalam memilih pasangan hidup. Hal ini berkaitan dengan yang dinamakan ‘Halo Effect’ dimana manusia cenderung melihat seseorang yang berpenampilan menarik sebagai sosok yang baik-baik.


Dengan kata lain, penampilan pria yang menarik, sedikit banyak menimbulkan persepsi dari orang lain dalam menentukan sifat yang lebih spesifik, seperti luwes dalam bergaul, baik hati, disenangi banyak orang. Karena itulah pria berpenampilan menarik mendapatkan polling sebesar 34 persen.

Bagaimana, sebagai wanita, apakah kriteria suami idaman diatas juga merupakan yang kamu tetapkan dalam mencari sosok suami? Atau jika kamu laki-laki, apakah kriteria suami idaman tersebut sudah melekat dalam dalam dirimu?

Nyatanya, jika merujuk pada survey tersebut, kemapanan dan ketampanan bukanlah kriteria utama suami idaman bagi para wanita. Namun, setiap wanita memiliki criteria suami idaman menurut versinya masing-masing.


Referensi:
Sunday Express. 2016. Is This YOUR Idea of The Perfect Man? Ideal Partner Revealed in New Survey. Express
Hughes, Langston. Brainy Quote.
Fahri. 2013. etheses
Pratiwi, Rahayu. 5 Kelebihan Bila Anak Laki-laki Dekat Dengan Ibunya. theasianparent
Anindyajati, Maharsi. Mereduksi "Halo Effect" dan "Devil Effect". ppm-manajemen
Dosen Psikologi, 13 Fakta Psikologi Tentang Jatuh Cinta. 2017. Dosenpsikologi

Penulis FH Widya
Penulis konten: Widya
"Introvert. Belajar memahami dengan menjadi pendengar. Belajar mengerti dengan menjadi pembaca. Belajar berbagi dengan menjadi penulis."